Bank BPD DIY Bangkitkan Ekonomi Pasar Tradisional

Penyerahan Hadiah Sarana Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dari BPD DIY kepada Pemenang Lomba Pasar Siaga Covid-19 di Pasar Prambanan, Senin (21/9/2020). - Ist/ dok BPD DIY
22 September 2020 13:47 WIB Media Digital Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Bank BPD DIY sebagai Bank Pemerintah Daerah, salah satu misinya yaitu sebagai agen pembangunan yang bertugas untuk menggerakkan ekonomi dan dunia usaha, termasuk juga aktifitas ekonomi di pasar tradisional.

Dengan adanya pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, kegiatan ekonomi selama beberapa bulan terakhir ini memberikan dampak yang buruk, namun Bank BPD DIY menyadari bahwa kegiatan perekonomian tidak boleh berhenti dan harus tetap berjalan.

Baca juga: Ibadah Umrah Akan Dibuka Secara Bertahap

Sejumlah layanan diluncurkan untuk mendukung transaksi non tunai, antara lain: penggunaan Mobile Banking BPD DIY, pembayaran melalui QRIS, fasilitas pembayaran E-Retribusi, dan sejumlah layanan lainnya.

Dalam rangka pemulihan Ekonomi nasional, Bank BPD DIY juga meluncurkan berbagai produk kredit antara lain Kredit Pemberdayaan Ekonomi Daerah dan KUR dengan bunga 0%.

Baca juga: Pengembangan Pasar di Jogja Gunakan Sistem Digital, Sejalan dengan Protokol Kesehatan

Direktur Pemasaran PT Bank BPD DIY, Raden Agus Trimurjanto  dalam acara Penyerahan Hadiah berupa alat cuci tangan Lomba Pasar Siaga Covid-19 di Pasar Prambanan, mengatakan bahwa Bank BPD DIY melakukan sejumlah upaya pencegahan dengan pembayaran non tunai di pasar tradisional untuk itulah Bank BPD DIY mendukung lomba Pasar Siaga Covid-19 yang digagas Dinas Kesehatan Daerah Istimewa Yogyakarta dengan salah satu parameternya adalah inovasi pasar dengan menggunakan transaksi non tunai.

“Sebagai upaya untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang dikarenakan peredaran uang tunai, Bank BPD DIY aktif mendorong terwujudnya transaksi digital di pasar tradisional. Hal tersebut sejalan dengan kondisi seperti sekarang ini bahwa pemulihan ekonomi harus tetap sejalan dengan kesehatan dan keselamatan.