Advertisement

Korban Corona dari Klaster Arisan Kulonprogo Bertambah 4 Orang

Jalu Rahman Dewantara
Selasa, 22 September 2020 - 18:37 WIB
Bhekti Suryani
Korban Corona dari Klaster Arisan Kulonprogo Bertambah 4 Orang Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO--Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo kembali mengumumkan penambahan kasus Covid-19, Selasa (22/9/2020). Dari total lima kasus baru, empat di antaranya berasal dari klaster arisan di Dusun Tlogolelo, Kalurahan Hargomulyo, Kapanewon Temon.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati mengatakan empat kasus dari klaster arisan itu adalah KP-149, perempuan, 43; KP-150, perempuan, 5; KP-151, laki-laki, 55 dan KP-152, perempuan, 48. Mereka merupakan kontak erat dari KP-101 dan kini menjalani isolasi mandiri.

Advertisement

"Sementara untuk satu kasus lagi yaitu KP-148, laki-laki asal Kapanewon Panjatan. Yang bersangkutan kontak erat dengan tenaga kesehatan dari luar Kulonprogo dan kini isolasi mandiri," kata Baning kepada awak media, Selasa sore.

Baning menjelaskan dengan adanya empat kasus baru dari klaster arisan itu maka total penderita Covid-19 dari klaster ini sebanyak 20 orang. Para penderita ini merupakan anggota arisan, tentangga maupun hasil tracing yang dilakukan gugus tugas di Pasar Pripih, tempat di mana KP-101 berjualan.

"Dari ke 20 orang tersebut, enam di antaranya adalah pedagang di Pasar Pripih," ucapnya.

Guna memutus rantai penularan di pasar, Gugus Tugas melakukan penutupan sementara operasional Pasar Pripih mulai Rabu-Selasa (23-29/9/2020). Selanjutnya dilakukan dilakukan desinfeksi di lingkungan pasar dan sekitarnya. Penutupan sementara pasar ini kata Baning berdasarkan hasil kesepakatan bersama antara paguyuban pedagang pasar, pengelola pasar, gugus tugas Kalurahan, kapanewon dan kabupaten.

Sementara itu berdasarkan data gugus tugas setempat, akumulasi jumlah penderita Covid-19 di Kulonprogo saat ini menembus angka 152 orang, dengan rincian 21 isolasi di rumah sakit, 55 isolasi mandiri, 76 sembuh dan empat meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 4 hours ago

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Seorang DPO Kasus Korupsi Pembangunan Pasar Rakyat Ditangkap di Papua

News
| Sabtu, 20 April 2024, 09:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement