Sempat Landai, Kasus Corona di Kulonprogo Kembali Bertambah

Ilustrasi. - Freepik
09 Oktober 2020 17:57 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sempat melandai, kasus Covid-19 di Kabupaten Kulonprogo kembali menunjukkan penambahan, pada Jumat (9/10/2020). Gugus tugas mengumumkan adanya tiga kasus baru dari wilayah Kapanewon Kalibawang dan Samigaluh.

Tiga kasus itu adalah KP-193, laki-laki, 45, Kalibawang; KP-194, perempuan, 44, Kalibawang dan KP-195, laki-laki, 42, Samigaluh. Untuk KP-193 dan KP-194 merupakan kontak erat KP-192 sementara kasus Samigaluh masih dalam penelusuran gugus tugas.

"Kasus dari Kalibawang sekarang menjalani perawatan di Rumah Singgah Teratai (RST) sedangkan kasus dari Samigaluh sekarang di RS PKU Muhammadiyah, Bantul," jelas Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Baning Rahayujati, kepada awak media, Jumat sore.

BACA JUGA: Bupati Gunungkidul Ingatkan Masker Harus Tutupi Mulut dan Hidung

Selain penambahan, juga diumumkan kesembuhan satu penderita yaitu KP-94 asal Galur. Dengan ini maka akumulasi penderita Covid-19 di Kulonprogo telah menembus angka 195 kasus dengan rincian 129 sembuh, 61 perawatan, dan lima Meninggal dunia.

Sementara itu terkait dengan klaster Covid-19 di Kulonprogo, Baning menyebut dua klaster yaitu Klaster Gunung Gempal, Kapanewon Wates dan Klaster Arisan, Kapanewon Kokap sampai dengan minggu ini jumlah penderitanya tidak mengalami perubahan. Bahkan untuk klaster Arisan masih terus bertambah.

"Sampai minggu ini kasus di Gunung Gempal masih ada lima penderita dari total 13 kasus sedangkan untuk klaster arisan dari 27 kasus yang mana satu kasus probable meninggal dunia masih menyisakan 13 penderita, terkahir penambahan untuk klaster arisan pada 4 Oktober kemarin," ucapnya.