Pendaftar Pengawas TPS di Gunungkidul Baru 1.243, Butuhnya 3.800

Ilustrasi. - Solopos/M. Ferri Setiawan
11 Oktober 2020 14:07 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL – Antusiasme masyarakat untuk menjadi Pengawas TPS di Pilkada 2020 masih kurang. Hal ini terlihat dari jumlah peserta yang mendaftar lowongan yang dibuka sejak 3 Oktober lau. Total hingga Minggu (11/10/2020), baru ada 1.243 pendaftar, padahal yang dibutuhkan mencapai 3.800 pendaftar.

Anggota Bawaslu Gunungkidul, Rini Iswandari mengatakan, rekrutmen Pengawas TPS akan dibuka hingga Kamis (15/10/2020). Beradasarkan kebutuhan akan ada sekitar 1.900 petugas. Namun demikian, didalam pendaftaran minimal membutuhkan dua peserta di setiap lowongan sehingga pada saat rektrutmen paling sedikit ada 3.800 pendaftar.

Meski demikian, sambung dia, hingga Minggu siang, jumlah pendaftar masih kurang dari syarat ditentukan kaena pendaftar baru mencapai 1.243 orang. “Kami masih menunggu hingga pendaftaran ditutup pada 15 Oktober mendatang,” katanya kepada wartawan, Minggu.

Rini berharap pada saat penutupan, kuota minimal pendaftaran Pengawas TPS bisa terpenuhi. Namun apabila hingga batas waktu yang ditentukan dan kuota belum terpenuhi, maka masa pendaftaran akan diperpanjang. “Mudah-mudahan tidak ada proses perpanjangan. Kami akan terus melakukan sosialisasi untuk mengajak masyarakat berpartisipasi menjadi Pengawas TPS di pilkada tahun ini,” ungkapnya.

Menurut dia, belum tercukupinya jumlah pendaftar untuk pengawas TPS tidak hanya terjadi di Gunungkidul, namun daerah lain yang menyelenggarakan pilkada juga mengalami hal yang sama. Hasil survey di sejumlah kapanewon ada kendala karena minimnya ketersediaan sumber daya manusia untuk memenuhi persyaratan.

Selain itu, kata Rini, rendahnya antusias masyarakat juga dikarenakan pengalaman di Pemilu 2019 yang menguras tenaga dan pikiran. “Kami terus dorong pengawas desa maupun panwascam untuk proaktif. Kalau perlu jemput bola untuk mengajak dalam upaya pengawasan dalam pilkada,” katanya.

Proses Rekrutmen

Proses rekrutmen untuk petugas di TPS tidak hanya dilakukan oleh bawaslu. Di saat bersamaan, KPU Gunungkidul juga membuka pendaftaran untuk anggota KPPS. Rencananya pendaftaran petugas penyelenggara pemilihan dibuka hingga Selasa (13/10/1010) esok. “Masih dalam proses sehingga kami belum mendapatkan laporan terkait jumlah pendaftar yang masuk,” kata anggota KPU Gunungkidul, Supami.

Menurut dia, rekrutmen dilaksanakan oleh anggota PPS yang ada di seluruh kalurahan di Gunungkidul. Adapun kebutuhan tenaga ini ada tujuh orang di setiap TPS. Total didalam pelaksnaaan pilkada ada 1898 TPS sehingga kebutuhan total petugas KPPS mencapai 146,146 petugas. “Mudah-mudahan semua berjalan dengan lancar dan rekrutmen bisa sesuai dengan rencana yang telah disusun,” katanya.