Rabu Depan, KPU Bantul Gelar Debat Dua Calon Bupati

Ilustrasi. - Freepik
22 Oktober 2020 05:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Debat terbuka antara dua calon bupati Bantul dalam Pilkada 2020 antara Abdul Halim Muslih dengan Suharsono dijadwalkan digelar Rabu (28/10/2020) mendatang. Rencananya, debat ini akan disiarkan oleh salah satu stasiun televisi lokal.

“Iya, untuk debat yang pertama digelar, Rabu (28/10/2020) dengan peserta calon Bupati. Setelah itu, ada debat kedua yakni 4 November yang akan mempertemukan calon wakil bupati dan debat terakhir digelar 11 November dengan peserta pasangan calon bupati dan wakil bupati,” kata Ketua KPU Bantul Didik Joko Nugroho, Rabu (21/10/2020).

Didik mengungkapkan, sesuai dengan PKPU No.13/2020 debat publik yang digelar di salah satu stasiun televisi hanya boleh dihadiri oleh 2 orang tim kampanye, 2 orang Bawaslu Bantul dan lima orang dari KPU Bantul. Sementara untuk peserta pemilihan tidak diperkenankan membawa massa atau arak-arakan di dalam kegiatan debat publik tersebut.

Baca Juga: Uang Palsu Ditemukan Beredar di Pasar Bendungan Kulonprogo

“Harapannya, dengan adanya debat publik ini, masing-masing calon pemimpin ini dapat menunjukkan sisi terbaik mereka untuk memajukan Bantul menjadi lebih baik melalui visi, misi dan program mereka,” terang Didik.

Di sisi lain, Didik mengungkapkan, saat ini verifikasi administrasi dan wawancara mulai digelar untuk 14.595 orang yang mendaftar menjadi calon anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS). Selain verifikasi yang digelar mulai Rabu (21/10/2020) hingga Rabu (28/10/2020) mendatang, KPU berencana menggelar rapid tes kepada calon anggota KPPS yang dinyatakan lolos tes administrasi dan wawancara.

“Ini kami lakukan untuk memastikan mereka sehat, sekaligus mencegah penularan Covid-19,” lanjut Didik.