Advertisement

KABAR KAMPUS: UGM Terbitkan Buku Penyakit Kulit dan Kelamin untuk Referensi Dokter

Sunartono
Kamis, 22 Oktober 2020 - 17:47 WIB
Sunartono
KABAR KAMPUS: UGM Terbitkan Buku Penyakit Kulit dan Kelamin untuk Referensi Dokter Profesor Ova EmiliA. - Ist/Humas UGM.

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN--Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM menerbitkan buku tentang penyakit dermatologi dan venereologi. Buku ini dilaunching resmi secara daring pada Kamis (22/10/2020).

Buku membahas ragam penyakit kulit dan kelamin ini secara detail mengulas diagnosa berbagai penyakit kulit berdasarkan sisi gejala dan keluhan yang sering disampaikan oleh pasien.

Advertisement

“Pasien tidak datang ke dokter dengan hasil diagnostik tertentu namun dengan gejala dulu. Berbagai keluhan, lalu kira-kira apa terapi dan obat yang dilakukan dokter dengan keluhan pasien itu,” kata salah satu anggota tim penulis buku Retno Danarti dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Kamis (22/10/2020).

BACA JUGA : PENYAKIT KELAMIN : Puluhan Warga Cangkringan 

Adapun buku tersebut berjudul Dermatologi dan venereologi diharapkan bisa memberi referensi bagi kalangan dokter dan mahasiswa kedokteran untuk menambah wawasan penyakit kulit dan kelamin. “Buku ini bisa membantu mereka menangani pasien yang datang dengan hanya menyampaikan keluhan dengan gejala,” paparnya.

Ketua Departemen Dermatologi dan Venereologi Fajar Waskito mengatakan pihaknya sudah lama berkeinginan menulis buku soal dermatologi dan venereologi ini namun baru dapat terlaksana saat ini. Buku semacam ini masih tergolong jarang di Indonesia.

“Di indonesia belum ada buku dermatologi yang membahas dari sisi pendekatan simtomatik. Semoga buku ini menjadi solusi bagi praktisi,” katanya.

BACA JUGA : PENYAKIT KELAMIN : Dinkes Sleman Lakukan Penanganan

Dekan FKKMK UGM Profesor Ova Emilia menilai buku dermatologi dan venereologi ini bisa menjadi rujukan para dokter kulit dalam membuat diagnosis yang baik dan tepat untuk pasien. “Semua dalam buku ini menggunakan literatur terkini sehingga memuat data medis terbaru,” paparnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Letusan Gunung Ruang Berisiko Tsunami, Begini Kronologi Erupsinya

News
| Kamis, 18 April 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement