RSUD Bantul Bangun IGD Baru Senilai Rp9 Miliar

RSUD Bantul-Harian Jogja - Ujang Hasanudin
27 Oktober 2020 04:37 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Panembahan Senopati Bantul tengah membangun ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) baru yang berlokasi di timur rumah sakit tersebut.

Wakil Direktur RSUD Panembahan Senopati Bantul, Sidiq Rohadi mengatakan pembangunan IGD senikai Rp9 miliar tersebut karena IGD yang ada saat ini kurang representatif, masih menjadi satu dengan ruang pelayanan bahkan jadi satu dengan ruang tunggu pasien.

"Padahal seharusnya IGD bisa terpisah dan akses keluar masuk ambulans lebih leluasa tidak jadi satu dengan ruang lain," kata Sidiq, saat ditemui di kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bantul, Senin (26/10/2020).

Saat ini pembangunan gedung IGD sudah hampir selesai dan diharapkan sudah bisa digunakan ada awal tahun depan. Pembangunan gedung IGD dengan dana Rp9 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kementerian Kesehatan tersebut letaknya di timur rumah sakit plat merah tersebut.

Gedung IGD dibangun dua lantai. Bagian bawah digunakan khusus IGD yang lebih mepet ke jalan utama Sudirohusodo. Sementara di lantai atas rencananya akan digunakan untuk ruang dokter, ruang pertemuan, laboratorium, dan ruang radiologi.

"Harapannya ke depan ada IGD yang bisa menangani kegawatdaruratan lebih cepat dan lebih baik lagi," ujar Sidiq.