Advertisement

Kaliurang & Objek Wisata Lain di Lereng Merapi Ditutup

Abdul Hamied Razak
Minggu, 08 November 2020 - 21:07 WIB
Budi Cahyana
Kaliurang & Objek Wisata Lain di Lereng Merapi Ditutup Penampakan Gunung Merapi dari Kali Gendol Argomulyo, Cangkringan, Sleman, Jumat (6/11/2020). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) pun resmi menutup operasional objek wisata alam di wilayah Lereng Merapi sejak Minggu (8/11/2020).

Kepala Balai TNGM, Pujiati, melalui keterangan tertulis menjelaskan ada enam objek wisata alam di kawasan TNGM yang ditutup. Keenam objek wisata alam yang ditutup mulai dari Tlogo Muncar dan Tlogo Nirmolo, Kaliurang, Pakem, Sleman, Plunyon dan Kalikuning, Cangkringan Sleman, Jurang Jero Srumbung, Magelang, dan Deles Indah, Kemalang Klaten.

Advertisement

BACA JUGA: Pengungsi Merapi Terus Bertambah

Dua jalur pendakian juga ditutup meliputi jalur pendakian Selo, Boyolali dan Jalur pendakian Sapuangin, Klaten.

“Penutupan dilakukan hingga batas waktu yang akan ditentukan setelah ada peninjauan perubahan status Gunung Merapi,” katanya.

Pujiati mengatakan penutupan tersebut didasarkan pada surat rekomendasi dari BPPTKG setelah adanya peningkatan aktivitas Merapi dari Waspada (level II) ke Siaga (level III) serta hasil koordinasi lintas sektor di Sleman, Magelang, Boyolali dan Klaten. "Maka seluruh objek wisata alam dalam kawasan TNGM ditutup sampai dengan batas waktu yang akan ditentukan setelah ada peninjauan kembali perubahan status aktivitas Merapi,” kata Pujiati.

BACA JUGA: Sebelum Meninggal, Gatot Brajamusti Beri Pesan untuk Parfi

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menaikkan status aktivitas Gunung Merapi dari Waspada (Level II) menjadi Siaga (Level III) pada Kamis (5/11/2020). Dengan peningkatan status tersebut, radius bahaya akibat erupsi Merapi ditetapkan 5 km dari puncak. Tiga dusun di tiga kalurahan, yakni Kalitengah Lor (Glagaharjo), Kaliadem (Kepuharjo), dan Pelemsari (Umbulharjo) masuk dalam area terdampak sehingga kelompok produktif pun diungsikan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement