Advertisement

AMSI DIY Gelar Pelatihan Cek Fakta, Siap Pantau Debat Pilkada Sleman

Media Digital
Rabu, 11 November 2020 - 13:27 WIB
Budi Cahyana
AMSI DIY Gelar Pelatihan Cek Fakta, Siap Pantau Debat Pilkada Sleman Ilustrasi - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah DIY menggelar Pelatihan Cek Fakta, Senin (9/11/2020) hingga Rabu (11/11/2020). Pelatihan ini didukung oleh AMSI Pusat dan Google News Initiative (GNI).

Pelatihan ini dibutuhkan agar bisa menjadi bekal bagi para jurnalis untuk menghadirkan informasi yang akurat bagi publik di tengah maraknya informasi yang tidak benar atau hoaks khususnya di media sosial. Dengan berita-berita yang akurat maka publik akan mendapatkan konten yang sehat. Dengan pelatihan ini, para jurnalis yang ikut dalam pelatihan bisa menguji kebenaran atau melakukan verifikasi apakah berita atau informasi yang diterima tersebut benar atau hoaks. Sebab, hoaks akan menyesatkan masyarakat.

Advertisement

Ketua Umum AMSI Wenseslaus Manggut mengatakan pelatihan cek fakta penting karena beberapa alasan di antaranya untuk memberantas hoaks. Tren selama ini, hoaks sering kali menumpang saat ada peristiwa besar. Indonesia saat ini sedang berada dalam dua peristiwa besar yaitu pandemi Covid-19 dan Pemilihan Kepala Daerah 2020. Hoaks seputar dua peristiwa ini lumayan besar dan menganggu kenyamanan, serta keadaban publik.

BACA JUGA: 3 Cabup Sleman Beradu Debat, Begini Gagasan Mereka

Wens menegaskan tugas media adalah menjadi “clearing house”, rumah bagi publik untuk mencari jawaban atas informasi yang diragukan kebenarannya, dan di situlah pentingnya wartawan memahami cara kerja cek fakta.

Program Cek Fakta ini merupakan lanjutan kegiatan yang telah dilaksanakan pada Pemilihan Presiden 2019 lalu. Program Cek Fakta 2020 dilakukan oleh 16 AMSI wilayah di berbagai daerah di Indonesia.

Ketua AMSI Wilayah DIY Anton Wahyu Prihartono mengatakan, pelatihan Cek Fakta di DIY selain untuk membekali kemampuan jurnalis maupun editor dalam melakukan verifikasi informasi, juga ikuti oleh mahasiswa khususnya yang aktif di pers kampus. Dengan demikian, aktivis pers kampus bisa memahami cara kerja penyajian berita yang benar.

Setelah mengikuti pelatihan, peserta juga akan mempraktikkan Cek Fakta ini di dalam Debat Calon Bupati dan Calon Wakil Vupati di Pilkada Sleman. Pilkada Sleman akan diikuti tiga pasangan dan debat akan dilaksanakan Kamis (12/11/2020) malam. Tim Cek Fakta AMSI DIY juga akan melakukan pemantauan saat hari pemungutan suara Pilkada 2020, pada 9 Desember 2020. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Jelang Lebaran, PLN Hadirkan 40 SPKLU Baru di Jalur Mudik untuk Kenyamanan Pengguna Mobil Listrik

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 11:07 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement