Kulonprogo Tambah 10 Kasus Baru, 8 Berasal dari Sumber Penularan yang Sama

Ilustrasi. - Freepik
18 November 2020 20:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Jumlah kasus Covid-19 di Kulonprogo terus melonjak. Setelah sehari sebelumnya ada tambahan 25 kasus dari klaster perkantoran, hari ini, Rabu (18/11/2020), muncul delapan kasus baru dari sumber penularan yang sama.

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19, Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan delapan kasus itu meliputi KP-315 sampai dengan KP-322. Seluruh penderita yang kini menjalani isolasi mandiri itu berdomisili di Kalurahan Sukoreno, Kapanewon Sentolo. Adapun mereka merupakan kontak erat dari KP-261, laki-laki 57, yang juga berdomisili di Sukoreno.

"Iya delapan kasus baru ini berasal dari KP-261, tapi kami masih menelusuri darimana KP-261 terinfeksi virus," ujar Baning kepada awak media, Rabu petang.

Baning mengatakan ada sejumlah kemungkinan penyebab KP-261 ini terinfeksi Covid-19. Salah satunya, karena penderita itu kerap didatangi tamu dari luar Kulonprogo. Sayangnya ia tidak menjelaskan secara rinci latar belakang pasien tersebut.

"KP-261 sering didatangi tamu dari luar Kulonprogo," ujarnya singkat.

BACA JUGA: Corona di Jogja Meledak Lagi, Sehari Tambah 153, Kasus Aktif Tembus 1.000

Disinggung apakah kasus ini bisa disebut klaster baru, Baning belum bisa memastikan. Pihaknya masih akan melihat perkembangan kasus ini dulu untuk menentukan apakah bisa disebut klaster atau tidak. "Kita lihat perkembangannya besok ya," ucapnya.

Di samping delapan kasus itu, Baning juga mengumumkan adanya dua kasus baru lain, yakni KP-313, laki-laki asal Nanggulan dan KP-314, laki-laki asal Wates. Penyebab dua penderita ini terinfeksi Covid-19 masih dalam penelusuran.

Merujuk data Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, saat ini kasus terkonfirmasi positif di bumi menoreh menembus 322 kasus, dengan rincian 207 sembuh, 80 isolasi mandiri, 27 isolasi rumah sakit dan 8 meninggal dunia.