Advertisement

6 ASN DPKP DIY Terkonfirmasi Positif Covid-19

Bernadheta Dian Saraswati
Kamis, 19 November 2020 - 06:27 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
6 ASN DPKP DIY Terkonfirmasi Positif Covid-19 Ilustrasi. - Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA - Sebanyak enam orang Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemda DIY dinyatakan positif Covid–19. Para ASN tersebut terdiri atas tiga laki-laki dan tiga perempuan yang sehari-hari berdinas di Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) DIY.

Wakil Kepala Dinas DPKP DIY Ir. Syam Arjayanti, M.P.A. mengungkapkan, kasus bermula dari pegawai DPKP DIY berjenis kelamin perempuan berusia 25 tahun asal Batang. Pegawai ini pergi keluar kota untuk menghadiri acara keluarga pada cuti bersama akhir Oktober 2020 lalu. Ketika kembali berdinas usai bepergian keluar kota pada tanggal 2 November 2020 lalu, dirinya merasa kurang enak badan dan memutuskan untuk swab mandiri dengan hasil positif

Advertisement

Pegawai ini sempat berkantor dari tanggal 2 hingga 4 November dan melakukan kontak langsung dengan rekan kerja yang berada satu ruangan dengannya. Tanggal 5 November seluruh seksi tempat pegawai terkonfirmasi ini diwajibkan untuk Work From Home (WFH).

Syam mengungkapkan, pihak DPKP DIY segera melaporkan kasus ini kepada Gugus Tugas Penanganan Covid – 19 DIY serta Dinas Kesehatan Kota Jogja yang segera ditindak lanjuti. Contact tracing yang dilakukan merujuk pada delapan orang yang kontak langsung dengan pegawai terkonfirmasi positif tersebut untuk swab. Dari delpan orang tersebut, lima orang dinyatakan positif.

Syam menjelaskan, kelima pegawai yang terkonfirmasi positif Covid–19 tersebut terdiri atas laki-laki berusia 30 tahun asal Sleman, laki-laki 58 tahun asal Bantul, laki – laki 32 tahun asal Kebumen, perempuan 25 tahun asal Nganjuk, dan perempuan 30 tahun asal Sleman. Saat ini dari enam terkonfirmasi positif tersebut, satu orang isolasi di Asrama Haji, dua orang di BPSDMP dan tiga orang isolasi mandiri.

“Mereka sebagian besar OTG. Jadi bisa diisolasi mandiri untuk proses penyembuhannya. Untuk langkah-langkah yang kami tempuh di antaranya adalah satu ruangan di WFH-kan, melapor ke Gugas Covid–19 DIY, melapor ke Dinkes dan segera tracing dan swab. Lingkungan kantor juga kita sterilkan dengan disinfektan. Kita perketat sterilisasi sampai masa inkubasi virus selesai,” ujar Syam dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Rabu (19/11/2020).* 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement