Advertisement

Angin Kencang Terjang Sebagian Kalasan

Abdul Hamied Razak
Kamis, 19 November 2020 - 22:17 WIB
Bhekti Suryani
Angin Kencang Terjang Sebagian Kalasan Salah satu rumah warga tertimpa pohon yang tumbang akibat angin kencang yang melanda sebagian wilayah Kalasan, Kamis (19/11 - 2020/Ist

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN- Angin kencang yang melanda sebagian kawasan di Sleman, Kamis (19/11/2020) sore menyebabkan sejumlah kerusakan. Selain akibat diterpa angin, kerusakan disebabkan akibat pohon yang tumbang.

Kepala Bidang Logistik dan Kedaruratan BPBD Sleman Makwan mengatakan berdasarkan laporan Posdalop BPBD Sleman angin kencang melanda sejumlah wilayah. Selain di Kalasan, angin kencang juga melanda wilayah Godean dan Cangkringan. "Rata-rata kerusakan akibat pohon tumbang yang tidak kuat menahan terpaan angin. Hingga kini kami terus melakukan pendataan," kata Makwan, Kamis (19/11/2020).

Advertisement

Berdasarkan laporan yang dihimpun Pusdalop BPBD Sleman, angin kencang menumbangkan pohon sejumlah pohon di wilayah Karangmojo dan Bayen, Purnomartani, Kalasan. Dua rumah dilaporkan rusak. Akses jalan sempat tertutup di Babadan Purwomartani. Dari pengamatan Harianjogja.com, warga bersama relawan kebencanaan langsung melakukan evakuasi pohon-pohon yang tumbang melintangi jalan.

"Pohon tumbang juga dilaporkan menimpa rumah warga Klenggukan RT 2 RW 31 Tirtomartani Kalasan," kata Makwan.

Selain di wilayah Kalasan, pohon tumbang akibat angin kencang juga terjadi di Dusun Krajan Salam, Wukirsari, Cangkringan. Satu rumah warga dilaporkan akibat tertimpa pohon. Di Dusun Watuadek, Wukirsari pohon tumbang menimpa jaringan listrik. Di Dukuh, Sidomoyo, Godean pohon tumbang juga menimpa rumah warga. "Kami berharap warga untuk tetap siaga dan meningkatkan mitigasi bencana selama musim hujan saat ini," harapnya.

Bencana angin kencang yang terjadi pada kamis sore tersebut diawali dengan peringatan dini dari BMKG Jogja. Dalam laporannya, menurut BMKG terjadi potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dan angin kencang pada pukul 16.00 WIB. Potensi tersebut terjadi di seluruh wilayah Sleman, Bantul, Kulonprogo dan Kota Jogja.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Bupati Sidoarjo Gus Muhdlor Ajukan Praperadilan, KPK: Silahkan, Itu Hak Tersangka

News
| Rabu, 24 April 2024, 13:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement