Puluhan Karya Seni Tampil Dalam Pameran KAYON

Sejumlah pengunjung tengah melihat berbagai karya seni rupa yang dihadirkan dalam pameran seni rupa bertajuk KAYON di Exhibition Hall Taman Budaya Kulonprogo, Pengasih, Jumat (21/11/2020) malam - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara
22 November 2020 15:27 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Sebanyak 55 karya seni dua dimensi dan tiga dimensi ditampilkan dalam pameran seni rupa bertajuk KAYON yang digelar Dinas Kebudayaan (Kundha Kabudayan) Kulonprogo selama sembilan hari, mulai 21-29 November 2020 di Exhibition Hall Taman Budaya Kulonprogo, Pengasih.

"Pameran ini diikuti oleh 40 seniman dengan total karya yang ditampilkan sebanyak 55 karya berupa karya seni dua dimensi dan tiga dimensi," kata Kepala Disbud Kulonprogo Niken Probo Laras dalam pembukaan pameran KAYON, Jumat (21/11/2020) malam.

Niken menjelaskan penyelenggaraan pameran seni rupa ini bertujuan untuk mempromosikan karya seni yang ada di Kulonprogo sekaligus wujud apresiasi kepada para seniman. Melalui kegiatan ini pula, para seniman khususnya yang ada di Kulonprogo bisa saling bertemu dan menjalin silaturahmi.

Baca juga: KABAR WISATA: Berhulu di Merapi, Grojogan Watu Purbo Diresmikan jadi Objek Wisata

Niken menjelaskan tema yang diangkat dalam pameran seni rupa ini adalah "KAYON", yang berarti gunungan dalam wayang Purwo yang mengambil bentuk pohon besar yang melingkupi banyak kehidupan. Tema ini melihat situasi pandemi Covid-19 sebagai masa peralihan. Tema ini berhubungan dengan tema alam dimana oksigen diproduksi melalui lingkungan alami terutama tumbuhan.

"Narasi klasik dalam kebudayaan menempatkan gunungan dalam wayang Purwo sebagai bagian penting yang membuka dan menutup kisah besar manusia," ujarnya.

Karena digelar dalam masa pandemi, kegiatan pameran ini tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Masyarakat yang ingin hadir wajib mendaftar terlebih dahulu melalui nomor WhatsApp yang disediakan Disbud Kulonprogo. Konfirmasi dari WA itu sebagai tiket masuk yang berlaku untuk satu orang calon pengunjung.

Baca juga: Saudara Mbah Maridjan Ini Masih Tetap Rajin Kunjungi Rumahnya yang Berada di Kawasan Rawan Bencana Merapi

Adapun pendaftaran penonton dibuka untuk umum dimulai tanggal 21-29 November 2020 mulai pukul 08.00 -20.00 WIB. Jika sudah terpenuhi 20 kuota maka akan diarahkan ke sesi selanjutnya. Setiap harinya akan ada 4 sesi dengan setiap sesi maksimal 20 orang. Sesi 1 dimulai pukul 09.00-11.00 WIB, Sesi 2 pukul 12.00-15.00 WIB, Sesi 3 dimulai pukul 15.00-17.00 WIB, dan sesi 4 dimulai pukul 19.00-21.00 WIB.

Ketua Forum Seni Rupa Kulonprogo, Samsuri Nugroho mengatakan, karya seni yang ditampilkan dalam pameran ini begitu menarik dan memiliki kualitas yang baik. Oleh karena itu ia berharap, di masa mendatang Kulonprogo bisa menjadi kota seni di Indonesia. "Untuk mewujudkan hal itu tentunya memerlukan dukungan banyak pihak," ujar dia.