Waspada Lahar Hujan Merapi, Sungai di Jogja Akan Dipasangi EWS

Warga mengambil barang-barang dari bangunan yang ambrol akibat jebolnya tanggul Kali Code di daerah Prawirodirjan, Gondomanan, Jogja, Rabu (5/12/2018). - Harian Jogja/Galih Yoga Wicaksono (M125).
23 November 2020 08:17 WIB Newswire Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Gunung Merapi yang kini bergejolak dikhawatirkan akan membawa lahar hujan yang mengaliri sungai di Jogja.

Pemerintah Kota Jogja akan menambah sarana dan prasarana untuk mengantisipasi dampak erupsi Gunung Merapi. Sejumlah wilayah yang berada di aliran sungai akan dilengkapi dengan talud dan dipasangi alat peringatan dini (early warning system/EWS).

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Iswari Mahendrarko mengatakan, dampak erupsi Merapi berpotensi akan sampai di Kota Yogyakarta.

BACA JUGA: Rizieq Shihab Belum Terima Undangan Klarifikasi Polda Metro Jaya

Salah satunya ancaman lahar hujan yang melalui sejumlah sungai yang melintas di Kota Yogyakarta. “Kami akan bangun talud di sepanjang sungai yang dirasakan rawan,” kata Iswari, Minggu (22/11/2020).

BPBD kata Iswari, juga akan memasang kamera CCTV dan EWS di sejumlah lokasi. Selama ini ketika ada hujan di wilayah Sleman, potensi banjir mengancam di Kota Yogyakarta. Masyarakat perlu diberikan pemahaman dan penanganan terhadap ancaman bencana. “Kami juga akan sosialisasikan penanganan bencana, karena pada 2010 banyak permasalahan yang belum disiapkan,” katanya.

Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul "Antisipasi Erupsi Merapi, Sungai di Kota Yogyakarta Dilengkapi EWS".

Sumber : iNews.id