Advertisement

Waspada Lahar Hujan Merapi, Sungai di Jogja Akan Dipasangi EWS

Newswire
Senin, 23 November 2020 - 08:17 WIB
Bhekti Suryani
Waspada Lahar Hujan Merapi, Sungai di Jogja Akan Dipasangi EWS Warga mengambil barang-barang dari bangunan yang ambrol akibat jebolnya tanggul Kali Code di daerah Prawirodirjan, Gondomanan, Jogja, Rabu (5/12/2018). - Harian Jogja/Galih Yoga Wicaksono (M125).

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Gunung Merapi yang kini bergejolak dikhawatirkan akan membawa lahar hujan yang mengaliri sungai di Jogja.

Pemerintah Kota Jogja akan menambah sarana dan prasarana untuk mengantisipasi dampak erupsi Gunung Merapi. Sejumlah wilayah yang berada di aliran sungai akan dilengkapi dengan talud dan dipasangi alat peringatan dini (early warning system/EWS).

Advertisement

Kepala Seksi (Kasi) Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencara Daerah (BPBD) Kota Yogyakarta, Iswari Mahendrarko mengatakan, dampak erupsi Merapi berpotensi akan sampai di Kota Yogyakarta.

BACA JUGA: Rizieq Shihab Belum Terima Undangan Klarifikasi Polda Metro Jaya

Salah satunya ancaman lahar hujan yang melalui sejumlah sungai yang melintas di Kota Yogyakarta. “Kami akan bangun talud di sepanjang sungai yang dirasakan rawan,” kata Iswari, Minggu (22/11/2020).

BPBD kata Iswari, juga akan memasang kamera CCTV dan EWS di sejumlah lokasi. Selama ini ketika ada hujan di wilayah Sleman, potensi banjir mengancam di Kota Yogyakarta. Masyarakat perlu diberikan pemahaman dan penanganan terhadap ancaman bencana. “Kami juga akan sosialisasikan penanganan bencana, karena pada 2010 banyak permasalahan yang belum disiapkan,” katanya.

Artikel ini telah tayang di yogya.inews.id dengan judul "Antisipasi Erupsi Merapi, Sungai di Kota Yogyakarta Dilengkapi EWS".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber : iNews.id

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement