Museum Mulai Beri Layanan Secara Virtual

Serasehan temu komunitas di Benteng Vredeburg. - Ist/mbvy.
24 November 2020 10:37 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA—Di tengah pandemi Covid-19 sejumlah museum mulai melakukan inovasi agar koleksinya bisa dinikmati masyarakat dari berbagai ruang dan waktu.

Kepala Musem Benteng Vredeburg Jogja Suharja menjelaskan meski pandemi namun pelayanan museum diupayakan tidak berhenti, sehingga harus melakukan inovasi agar tetap berfungsi sesuai kondisi dalam mengedukasi masyarakat. Salah satunya dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Pihaknya menggelar serasehan temu berbagai komunitas pada Senin (24/11/2020) sekaligus melakukan sosialisasi dengan menghadirkan berbagai kalangan termasuk sekolah dan guru.

BACA JUGA : Museum Harus Adaptasi Protokol Kesehatan

“Karena kami juga memberikan layanan pemanduan bagi pengunjung secara virtual, sudah banyak sekolah yang mengajukan termasuk dari Jakarta dan beberapa kota lainnya, kami memandu tata letak pameran di museum,” terang Suharja dalam rilisnya.

Ia menambahkan pihaknya meluncurkan museum virtual yang bisa memberikan layanan bagi pengunjung secara virtual dari berbagai daerah. Pengunjung bisa membuka website Benteng Vredeburg dengan menyasar berbagai kalangan. Pihaknya menggandeng berbagai UPT Kemendikbud di berbagai daerah di Indonesia untuk dapat memanfaatkan layanan ini.

Menggunakan kamera 360 derajat, konsep layanan bisa masuk ke diorama, ruang pameran, koleksi-koleksi, termasuk ada filmnya yang semua bisa dipakai pembelajaran. Caranya dengan memasukkan sejumlah biodata pengunjung sebagai daftar hadir. Layanan ini rencananya akan diberikan secara gratis kepada masyarakat.

“Semua tata pameran bisa diakses secara virtual, misalnya Gedung A bisa diklik dulu fungsinya apa, pada waktu zaman Belanda dipakai apa dan sekarang fungsinya apa semua bisa diketahui. Saat ini dalam tahap penyempuranaan, dalam waktu dekat bisa langsung diakses,” katanya.

BACA JUGA : Catat, Ini Dia Museum di Bantul yang Tutup dan Masih Buka

Selain itu pihaknya juga memberikan layanan tiket online yang juga bisa diakses melalui website. Sehingga masyarakat ingin berkunjung secara langsung dapat memesan tiket secara online.

“Saat ini juga sedang proses penyelesaian corner Magic Wall untuk memfasilitasi anak-anak memvisualkan cita-citanya dengan media teknologi informasi,” ujarnya.