Petugas KPPS Ketahuan Positif Covid-19 Saat Pilkada Bantul, 20 Orang Di-tracing

Ilustrasi - Freepik
10 Desember 2020 13:47 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—20 Orang di-tracing oleh tim Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Bantul setelah satu petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) terkonfirmasi positif terinfeksi virus Corona saat Pilkada 2020, Rabu (9/12/2020).

Adapun 20 orang yang di-tracing tersebut meliputi enam petugas KPPS, dua petugas linmas, dan sisanya adalah keluarga dan orang yang berkontak erat dengan satu petugas KPPS di TPS 24, Patalan, Jetis yang terkonfirmasi positif Covid-19.

BACA JUGA: Hasil Penelitian: Sakit Mata Jadi Gejala Baru Covid-19

“Mereka saat ini sudah melakukan isolasi mandiri dan dijadwalkan menjalani tes swab, Senin (14/12/2020),” kata Ketua Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM KPU Bantul, Musnif Istiqomah, di kantor KPU Bantul, Kamis (10/12/2020).

Musnif mengungkapkan salah satu petugas KPPS di TPS 24 itu kali pertama diketahui positif Covid-19 melalui setelah diberitahu hasil swab test yang beberapa waktu lalu.

Sementara tempat petugas tersebut bekerja adalah di salah satu perusahaan makanan di Kota Jogja.

“Yang bersangkutan kemudian menyampaikan hasil tersebut ke petugas lainnya. Setelah itu, kegiatan di TPS dihentikan selama satu jam, sembari menunggu petugas dari gugus tugas menjemput yang bersangkutan,” lanjutnya.

BACA JUGA: Gagal Jadi Bupati Bantul, Suharsono Akan Fokus Momong Cucu

Meski sempat dihentikan pada pukul 09.00 WIB selama sejam, KPU akhirnya melanjutkan proses pemilihan di TPS tersebut setelah berkoordinasi dengan tim gugus tugas setempat.

“Arahannya, kegiatan tetap dilanjutkan seusai disinfeksi,” ujar Musnif.

Sementara, anggota Bawaslu Bantul Divisi SDM Organisasi Data dan Informasi, Nuril Hanafi, mengatakan Bawaslu Bantul menyerahkan proses tracing kepada Dinas Kesehatan Bantul, termasuk mengenai kewajiban isolasi dan swab tes.

“Kemarin pengawas TPS di tempat itu sempat syok. Saat ini kami serahkan proses tracing ke Dinkes Bantul,” ucap Nuril.