Klaim Menangi Pilkada Gunungkidul, Tim Paslon 04 Bakal Kawal Perhitungan Suara

Ilustrasi. - Freepik
10 Desember 2020 20:57 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Badan Pemenangan Pilkada pasangan calon nomor urut 04 Sunaryanta-Heri Susanto akan mengawal proses perhitungan suara di tingkat kapanewon dilaksanakan mulai Jumat (11/12/2020) atau hari. Tim paslon 04 sebelumnya mengklaim telah memenangi Pilkada Gunungkidul.

Pengawalan dilakukan untuk memastikan tidak adanya perpindahan suara sehingga pasangan yang diusung bisa ditetapkan sebagai kepala daerah terpilih dalam pilkada di tahun ini.

Ketua Pemenangan pasangan Sunaryanta-Heri Susanto, Heri Nugroho mengatakan, pihaknya memastikan calon yang diusung tampil sebagai pemenang pilkada. keyakinan ini berdasarkan tabulasi data dari fomulir C1 yang dikumpulkan dari para saksi.

Menurut dia, hingga pukul 17.45 WIB, perhitungan sudah mencapai 99% karena proses tinggal menyisakan 20 TPS yang datanya belum dimasukan ke sistem. Meski demikian, Heri dapat memastikan Sunaryanta-Heri Susanto menjadi kepala daerah Gunungkidul yang baru. “Sunaryanta bupatiku, bupatimu bupati kita semua,” kata Heri kepada wartawan, Kamis (10/12/2020).

Hasil real count yang dilakukan Badan Saksi Nasional Partai Golkar, Pasangan Sunaryanta-Heri Susanto unggul dengan perolehan suara 33,01% atau mendapat dukungan sebesar 152.787 suara. Jumlah ini unggul dibandingkan pasangan Sutrisna Wibawa-Mahmud Ardi Widanto yang memperoleh dukungan 30,80% atau 142.548 suara. Di posisi ketiga ada pasangan Bambang Wisnu Handoyo-Benyamin Sudarmadi dengan dukungan 114.623 suara atau sebesar 24,76%. Sedangkan di posisi keempat ada pasangan Immawan Wahyudi-Martanty Soenar Dewi yang mendapatkan dukungan sebanyak 11,43% atau sebesar 52.924 suara. “Kami yakin menang,” katanya.

Disinggung mengenai klaim kemenangan dari pasangan Sutrisna Wibawa-Mahmud Ardi Widanto, Heri mengaku tidak mempermasalahkan. Menurut dia, perhitungan sudah berbasis data serta diperkuat hasil perhitungan dari dua paslon lainnya. “Kami sudah sandingkan datanya dan hasilnya hampir sama dengan perhitungan dari paslon dua dan tiga. Selain itu, calon kami juga sudah mendapatkan ucapan selamat dari calon bupati Immawan Wahyudi dan Ketua DPC PDI Perjuangan Gunungkidul Endah Subekti Kuntariningsih,” katanya.

Meski sudah yakin menang, Heri menegaskan perjuangan masih belum selesai karena tugas selanjutnya untuk memastikan tidak ada kecurangan dalam proses perhitungan suara, baik di tingkat kapanewona atau kabupaten. “Jangan sampai ada perpindahan suara, meski kemungkinan itu sangat kecil. Tapi, tetap harus diwaspadai sehingga perhitungan harus benar-benar dikawal sampai akhir,” katanya.