GKR Mangkubumi: Kadin Harus Mendukung UMKM untuk Menuju Digital

Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi saat memberikan sambutan dalam Musyawarah Kabupaten (Mukab) ke VIII Kadin Kulonprogo 2020 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kulonprogo, Kapanewon Wates, Sabtu (12/12). - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara.
14 Desember 2020 05:17 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Mangkubumi meminta Kamar Dagang Industri Indonesia (Kadin) Kulonprogo bisa terlibat langsung dalam upaya menggeliatkan perekonomian UMKM di Bumi Menoreh. Kadin diharapkan ikut membimbing UMKM agar dapat mengembangkan pasar lewat media digital.

Hal tersebut disampaikan GKR Mangkubumi dalam pembukaan Musyawarah Kabupaten (Mukab) ke VIII Kadin Kulonprogo 2020 di Pendopo Rumah Dinas Bupati Kulonprogo, Kapanewon Wates, Sabtu (12/12/2020).

Putri sulung raja kasultanan Yogyakarta yang menjabat sebagai Ketua Umum Kadin DIY ini mengatakan Kadin berfungsi sebagai wadah komunikasi, informasi, representasi, konsultasi, fasilitasi dan advokasi pengusaha Indonesia, antara para pengusaha dan pemangku kebijakan. Di sisi lain, Kadin juga memiliki peran sosial, salah satunya turut menggerakkan ekonomi UMKM yang dikelola masyarakat. 

BACA JUGA : GKR Mangkubumi Raih Penghargaan Puan Nusantara Utama

Peran itu begitu krusial, terlebih di era yang serba digital ini, yang mana diperlukan kesadaran bagi para UMKM agar dapat memanfaatkan momen itu sebagai peluang usaha. Di situlah Kadin harus turun tangan, ikut membina dan membimbing mereka.

"Persaingan pasar di digital sekarang ini kian kompetitif. Nah di sinilah peran kadin ikut support UMKM untuk go digital, sehingga bisa pengembangan ekonomi masyarakat dapat terwujud," ucapnya.

GKR Mangkubumi juga meminta para pengusaha khususnya yang tergabung dalam Kadin Kulonprogo untuk menjalin kolaborasi di semua sektor. Hal ini penting sebagai upaya membangkitkan kembali perekonomian di DIY yang terpuruk imbas pandemi Covid-19.

“Hampir semuanya kena dampaknya, dan saat ini kita harus kolaborasi agar lebih kuat,” kata ujarnya.

Bupati Kulonprogo Sutedjo berharap calon pengurus baru Kadin Kulonprogo yang sedang dalam tahap pembentukan lewat Mukab ini dapat bekerja maksimal seperti halnya pengurus terdahulu. "Selama ini Kadin sudah banyak mendukung pemerintah baik dalam pembangunan maupun kegiatan sosial, budaya maupun keagamaan. Mereka selalu mengambil peran dalam beberapa kegiatan untuk menggeliatka roda ekonomi," ujar dia.

BACA JUGA : GKR Mangkubumi Melantik Saka POM Daerah DIY

Pengurus baru ini juga diharapkan bisa menangkap peluang dari kehadiran Yogyakarta International Airport (YIA). Menurut Sutedjo kehadiran bandara itu membuat Kulonprogo banyak dilirik investor.

“Kulonprogo sekarang semacam gadis cantik yang menarik perhatian banyak kalangan. Kadin harus bisa ambil peluang ikut mendayagunakan potensi yang ada,” kata Sutedjo.

Sementara itu Ketua Kadin Kulonprogo, Zuharsono Azhari menerangkan ada tiga agenda dalam mukab ini, yakni laporan pertanggungjawab pengurus lama, penyusunan program kerja dan pembentukan pengurus yang baru. Pengurus baru yang telah ditetapkan nantinya segera diumumkan dalam waktu dekat ini. "Kami harap proses ini dapat berjalan lancar," ujarnya.