Libur Nataru, Wisata Puncak Sosok Antisipasi Penularan Covid-19

Puncak Sosok. - Instagram.
16 Desember 2020 09:27 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Sejumlah pengelola objek wisata di Bantul memastikan tidak akan melakukan pembatasan jumlah pengunjung pada liburan Natal dan Tahun Baru 2021. Meski demikian, sejumlah antisipasi telah dilakukan guna mencegah penularan Covid-19.

Salah satunya yang dilakukan oleh pengelola Puncak Sosok, Rudy Haryanto. Ia mengatakan jika pihaknya tidak akan menggelar acara atraksi wisata dan lebih memperketat penerapan protokol kesehatan, guna mencegah penularan Covid-19.

BACA JUGA : Libur Nataru, Pemda Minta Warga Jogja di Rumah Saja

Selain itu, Rudy memastikan telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak, baik Dinas Pariwisata dan Satpol PP Bantul terkait dengan pengetatan protokol kesehatan di tempat tersebut.

“Kami juga melakukan penambahan personel. Alternatif tempat, dan penambahan tempat parkir sebagai antisipasi membludaknya pengunjung juga telah kami lakukan,” katanya, Selasa (15/12/2020).

Khusus untuk alternatif tempat, Rudy mengungkapkan jika telah menyediakan lokasi untuk menampung pengunjung yang biasanya terkonsentrasi di panggung utama. Di mana, selama pandemi Covid-19, pengelola Puncak Sosok, sengaja melakukan pembatasan jumlah kapasitas di area utama. Jika sebelum Covid-19, area panggung utama mampu terisi 2.000 orang, maka selama pandemi Covid-19 hanya diisi maksimal 1.500 orang.

“Yang jelas kami tidak ingin melonggarkan penerapan protokol kesehatan di tempat ini,” lanjutnya.

BACA JUGA : Begini Cara Pemkot Jogja Membatasi Jumlah

Selain itu, Rudy mengungkapkan, sampai kini pihaknya juga terus berkoordinasi dengan pemerintah desa setempat terkait operasional objek wisata. Sebab, diakuinya, pada Desember ada beberapa momen yang dipastikan akan sedikit banyak berpengaruh terhadap pengoperasionalan objek wisata di tempat tersebut.

“Karena kami tidak ingin hal ini akan berdampak pada pengoperasionalan objek kami,” jelasnya.