Advertisement

Sah! Sugeng Terpilih sebagai Kepala Desa Selopamioro

Ujang Hasanudin
Minggu, 20 Desember 2020 - 16:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Sah! Sugeng Terpilih sebagai Kepala Desa Selopamioro Ilustrasi. - Solopos/Agoes Rudianto

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL-Sugeng akhirnya terpilih sebagai kepala desa Selopamioro, Kecamatan Imogiri, Bantul setelah meraih suara sebanyak 77 suara dalam pemilihan kepala desa (Pilkades) Pergantian Antar Waktu (PAW) Desa Selopamioro.

Sugeng mengalahkan dua rivalnya, yakni Sutopo 74 suara dan Suparman tiga suara. Proses pemilihan kepala desa Selopamioro ini dilakukan secara voting karena tidak mencapai kesepakatan dalam proses musyawarah yang dihadiri Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkompincam) Imogiri.

Advertisement

“Sementara total suara tidak sah ada dua suara,” kata Sekretaris Panitia Pemilihan Kepala Desa PAW Selopamioro, Sigit Sutanto, saat dihubungi Minggu (20/12/2020).

Baca juga: Tes Covid-19 Berubah-Ubah, Masyarakat dan Sektor Perhotelan Dirugikan

Sigit mengatakan total yang memiliki hak suara dari pamong desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD), kepala dusun, hingga ketua RT ada 157 orang, namun satu orang tidak menggunakan hak suaranya karena meninggalkan lokasi pemilihan sebelum pemilihan dimulai sehingga total pemilih ada 156 orang.

Lebih lanjut Sigit mengatakan proses pemilihan kepala desa PAW berjalan lancar dari mulai musyawarah yang tidak mencapai kesepakatan, kemudian dilanjut dengan voting dan peraih suara terbanyak adalah Sugeng, kemudian disusul Sutopo dan Suparman. “Langkah selanjutnya tinggal menunggu pleno penetapan kepala desa terpilih,” ucap dia.

Sugeng, kepala desa terpilih merupakan tokoh masyarakat dari Dusun Krinjing, desa setempat. Dia akan memimpin Selopamioro selama 3,5 tahun ke depan atau sampai 2024. Pilkades PAW Selopamioro ini dilakukan karena kepala desa sebelumnya, Himawan Sadjati meninggal dunia pada Maret lalu. Himawan meninggal karena kelelahan setelah melakukan penyemprotan disinfektan bersama sejumlah relawan di desanya.

Himawan merupakan kepala desa terpilih pada 2018 lalu. Jabatan almarhum seharusnya sampai 2024 sehingga masa jabatannya akan dilanjutkan oleh Sugeng selaku kepala desa pengganti yang terpilih dalam Pilkades PAW.

Baca juga: DIY Tambah 216 Kasus Positif Covid-19, Terbanyak dari Sleman

Sementara di Desa Trirenggo, Kecamatan Bantul, yang juga menggelar Pilkades PAW berjalan lancar dan tertib. Kepala desa terpilih adalah Ernawati Kusumaningsih yang meraih suara terbanyak 112 suara, kemudian disusul oleh Nurhandoko 35 suara dan Sudaryono enam suara.

Sama dengan Selopamioro, Trirenggo menggelar Pilkades PAW karena kepala desa lama, yakni Munawar meninggal dunia pada pertengahan Juli lalu. “Selamat kepada ibu Ernawati Kusumaningsih sebagai calon lurah terpilih pada Musyawarah Kalurahan PAW Kalurahan Trirenggo. Semoga sukses dan amanah,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Desa Trirenggo Bantul, Nyoman Gunarsa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement