Advertisement

Pemda DIY Minta Pengelola Wisata di Jogja Periksa Surat Swab Antigen Pelancong

Lugas Subarkah
Senin, 21 Desember 2020 - 18:07 WIB
Bhekti Suryani
Pemda DIY Minta Pengelola Wisata di Jogja Periksa Surat Swab Antigen Pelancong Sekretaris Daerah DIY, Kadarmanta Baskara Aji. - Ist/Dok Humas Pemda DIY

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA--Pemerintah Pusat mewajibkan pelaku perjalanan di Jawa termasuk DIY mengantongi surat hasil antigen. Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, menuturkan berdasarkan Surat Edaran Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi pada 16 Desember lalu, pengecekan surat antigen wajib dilakukan di bandara dan stasiun kereta.

“Di dalam kontrolnya yang diwajibkan skrining perjalanan udara di bandara melalui maskapai dan kereta. Tempat-tempat wisata, hotel, rumah tangga [penerima pelaku perjalanan], seyogyanya lakukan skrining kepada tamu-tamunya, supaya kita bisa pastikan tamu datang dalam keadaan sehat,” katanya, Senin (21/12/2020).

Advertisement

BACA JUGA: Razia Rapid Test Antigen di DIY Tidak di Perbatasan, tetapi Hotel & RT

Tempat wisata, hotel dan rumah penerima pelaku perjalanan diharapkan dapat memastikan tamunya sehat untuk mengakomodir pelaku perjalanan yang menggunakan transportasi darat non kereta api, agar tetap terpantau.

“Intinya semua [pelaku perjalanan] wajib sehat. Tidak semuanya harus ikuti proses operasi [penegakan hukum], tapi semua harus sehat. Kalau tidak sehat ya jangan kemana-mana. Walaupun bentuknya kewajiban hanya muncul pesawat dan kereta, saat berkunjung ke destinasi wisata, penyelenggara wajib cek,” ujarnya.

Ia juga minta pengelola dan pelaku usaha temapt wisata agar benar-benar melaksanakan protokol kesehatan, karena jika tidak akan ditutup seperti yang terjadi pada salah satu tempat hiburan di Jalan Urip Sumoharjo. “Destinasi wisata, tempat hiburan, mal, tidak patuhi prokes kita tutup,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Kuta Selatan Bali Diguncang Gempa Berkekuatan Magnitudo 5,0

News
| Jum'at, 26 April 2024, 21:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement