Semua Kontestan Pilkades Dikarantina

Suasana Pilkades di TPS 21 Timbulharjo, Sewon, Bantul, Minggu (27/12/2020). - Harian Jogja/Jumali.
27 Desember 2020 16:17 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Semua kontestan pada Pilkades serentak di Bantul yang digelar, Minggu (27/12/2020) dikarantina. Karantina yang dilakukan kepada 75 kontestan sebelum hingga sesudah pemungutan suara dilakukan sebagai antisipasi potensi kerawanan.

Kepala Bagian Hukum Sekretariat Daerah Kabupaten Bantul, Suparman mengatakan, meski tidak ada pasal yang mewajibkan adanya karantina kepada kontestan, namun kebijakan itu diserahkan sepenuhnya kepada masing-masing panitia Pilkades dan kapanewon setempat.

BACA JUGA : Kontak Erat Tak Di-swab karena Tak Bergejala

Meski demikian, Suparman menyatakan, kebijakan karantina itu timbul karena khawatir jika semua kontestan dibebaskan berkeliaran selama proses pemungutan suara akan menimbulkan potensi kerawanan. Oleh karena itu mereka ditempatkan di satu tempat khusus, steril dari para pendukung dan harus dijaga aparat keamanan.

“Semua kebijakan sejatinya tergantung panewu [Camat]. Tujuan dari karantina sendiri adalah untuk mengendalikan kontestan dan mengantisipasi adanya kerawanan. Mereka biasa dikumpulkan di kantor panewu. Selain itu, alat komunikasi mereka juga dikumpulkan. Ini sebagai upaya antisipasi potensi kerawanan,” katanya, Minggu (27/12/2020).

Sementara berdasarkan pantauan Harian Jogja, kebijakan karantina diperlihatkan di dua desa berbeda, yakni Bangunjiwo, Kasihan dan Pendowoharjo, Sewon. Di dua desa ini kontestan sama-sama menjalani karantina.

Calon lurah petahana di Pendowoharjo, Hilmi Hakimudin yang bertarung bersama dengan istrinya, Faiqoh harus menjalani karantina usai menunaikan haknya pada pukul 07.30 WIB.

BACA JUGA : Kontak Erat dengan Pasien Positif Covid-19, 51 ASN di Bantul

Hal sama juga dilakukan oleh Calon lurah petahana di Bangunjiwo, Parja yang bertarung dengan anaknya, Deny Fajar Sulistyo. Keduanya sudah melakukan karantina usai menunaikan haknya.

“Parja sudah nyoblos tadi pukul 7.30WIB di TPS 21 Kalirandu. Sekarang Parja sudah di karantina,” kata Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Bangunjiwo, Sukarman.