Polisi Akan Bubarkan Kerumunan di Malam Pergantian Tahun

Petugas gabungan saat membubarkan kerumunan massa di JJLS, Sanden, Bantul, Sabtu (26/9/2020) malam. - Ist/ dok Satpol PP Bantul
30 Desember 2020 19:47 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – Jajaran Polres Gunungkidul akan menindak tegas adanya kerumunan di malam pergantian tahun. Pasalnya, untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona tidak akan mengeluarkan izin keramaian serta akan membubarkan kerumunan pada saat malam tahun baru.

Kapolres Gunungkidul, AKBP Agus Setiawan mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk membantu pemerintah dalam upaya menekan penyebaran virus corona. Adapun dasar penindakan mengacu pada maklumat Kapolri serta instruksi dari Gubernur DIY.

“Kami siap menindak tegas dengan membubarkan kerumunan pada saat malam pergantian tahun,” katanya kepada wartawan, Rabu (30/12/2020).

BACA JUGA : Antisipasi Kerumunan Malam Tahun Baru

Untuk pengamanan sudah menyiapkan personel, baik yang ada di polres maupun petugas yang berada di polsek. Selain itu, juga ada pembatasan waktu beraktivitas yang dibatasi hanya sampai pukul 22.00 WIB. “Kami akan gelar patroli agar kebijakan ini bisa diterapkan dengan maksimal. Kalau ada yang beraktivitas lebih dari jam itu, maka kami akan minta pulang ke rumah masing-masing,” katanya.

Ditambahkan dia, untuk antisipasi juga sudah melakukan koordinasi dengan pemkab hingga pengelola penginapan maupun pemilik resto di Gunungkidul. Didalam pertemuan tersebut meminta tidak ada kegiatan pada saat malam pergantian tahun.

“Kami tidak akan mengeluarkan izin keramaian. Dari beberapa koordinasi juga ada komitmen untuk tidak menggelar perayaan saat malam tahun baru,” katanya.

Upaya menjaga keamanan dan ketertiban tidak hanya dengan menggelar patroli di dalam kota. Namun upaya cipta kondisi juga menyasar ke wilayah perbatasan hingga kawasan pesisir. Ia meminta kepada seluruh jajarannya bersiaga dengan menggelar operasi guna memastikan kamtibmas tetap terjaga pada saat malam tahun baru.

BACA JUGA : Malam Tahun Baru di Sleman Bikin Kerumunan, Sanksi

“Khusus jalur pesisir harus diawasi karena sering banyak rombongan pecinta motor yang konvoi. Ini harus diantispasi agar keamanan tetap terjaga,” katanya.

Hal tak jauh berbeda diungkapkan oleh Kabag Ops Polres Gunungkidul, Kompol Sunarto. Menurut dia, upaya antisipasi harus dilakukan agar keamanan tetap terjaga. “Saya minta kepada seluruh kapolsek berkoordinasi dengan panewu untuk melakukan patroli kambtimbmas secara bersama-sama pada saat malam tahun baru,” kata Sunarto.

Ditambahkannya, untuk antisipasi jelang tahun baru sudah menggelar sejumlah operasi penyakit masyarakat. Adpaun hasilnya petugas berhasil mengamankan puluhan botol minuman keras mulai dar ciu, anggur merah dan lain sebagainya. “Kami akan terus berupaya meningkatkan keamanan dan ketertiban di masyarakat,” katanya.

BACA JUGA : Hindari Kerumunan, Pemkab Kulonprogo Tak Gelar Hiburan