PT WMU Bantu Berdayakan Masyarakat Gunungkidul

PT WMU menyerahkan bantuan telur untuk peningkatan gizi di masyarakat Semanu belum lama ini./Ist
06 Januari 2021 16:37 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Pemerintah Kalurahan Pacerejo, Semanu, Gunungkidul mengapresiasi program CSR yang dilakukan PT Widodo Makmur Unggas (WMU). Program pemberdayaan yang diberikan ikut berperan dalam upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Lurah Pacarejo, Suhadi mengatakan, PT WMU berdiri, banyak manfaat yang dirasakan masyarakat. Salah satunya, ada penyerapan tenaga kerja lokal untuk memenuhi kebutuhan pegawai di perusahaan tersebut. “Total hingga sekarang sudah ada 90 warga yang bekerja di sana [PT WMU],” kata Suhadi kepada Harianjogja.com, Rabu (6/1/2021).

Menurut dia, keberadaan perusahaan di bidang peternakan ini tidak hanya di bidang penyerapan tenaga kerja. Pasalnya, perusahaan ini rutin menggelar program CSR ke masyarakat. Beberapa program yang dijalankan mulai dari pemberian gizi untuk anak balita dan orang lanjut usia (lansia).

Selain itu, PT WMU juga ikut membantu dalam upaya pembangunan infrastruktur karena masyarakat dibuatkan fasilitas swperti masjid serta tempat untuk Pendidikan Anak Usia Dini (Paud). “Ada juga perbaikan jalan yang menuju ke lokasi peternakan. Warga sagat terbantu,” katanya.

Suhadi menuturkan, masih banyak program lain yang diberikan ke masyarakat. Salah satunya, perusahaan rutin memberikan bantuan keuangan di empat dusun yang meliputi Cepluk, Tonggor, Kwangen Lor dan Kwangen Kidul. “Setiap ada bantuan yang diberian untuk empat padusunan ini,” ungkapnya.

Ditambahkannya, berbagai program CSR yang dijalankan PT WMU sangat bermanfaat dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di kawasan peternakan. Suhadi pun beerharap kerja sama yang telah terbangun bisa terus ditingkatkan agar kesejahteraan masyarakat bisa diwujudkan. “Hubungan kami dengan perusahaan sangat baik dan mudah-mudahan program bisa terus dijalankan,” katanya.

Menurut dia, wilayah Pacarejo sangat luas karena satu kalurahan terdiri dari 28 dusun. Bantuan program dari PT WMU membantu dalam upaya mengatasi permasalahan di masyarakat. “Kami berterima kasih karena perusahaan memiliki komitmen yang sama dalam upaya mewujudkan kesejahteraan di masyarakat,” katanya.

Di sisi lain, banyak warga Semanu yang dipekerjakan di perusahaan tersebut. Artinya, perusahaan turut membantu mengurangi angka pengangguran di wilayah Semanu pada khususnya dan Gunungkidul pada umumnya. Warga merasa senang bisa bekerja di WMU. “Saya senang bisa bekerja di sini [WMU]. WMU turut membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di sini,” ujar salah satu warga Semanu.