Advertisement

Majukan UMKM, PLN Beri Pelatihan Kewirausahaan

Media Digital
Jum'at, 08 Januari 2021 - 17:57 WIB
Budi Cahyana
Majukan UMKM, PLN Beri Pelatihan Kewirausahaan Pelatihan UMKM yang diadakan PLN. - Istimewa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Program Corporate Social responsibility (CSR) sebuah perusahaan memiliki nilai penting bagi kemajuan beberapa sektor pembangunan. Salah satunya adalah sektor ekonomi, CSR dapat turut menggerakkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah II (PLN UIP JBT II) sebagai unit PLN juga turut memberikan bantuan CSR untuk pengembangan UMKM. Sebagai upaya membentuk kemandirian UMKM-UMKM tersebut pekan lalu telah dilaksanakan Pelatihan Kewirausahaan. Pelatihan diikuti oleh para UMKM binaan PLN UIP JBT II sepanjang tahun 2020 yaitu Hutan Edukasi Susuh Umbul Kendal, UMKM Serba Singkong Gondang Slamet Boyalali, UMKM Kaja Shibori Yogyakarta, Hutan Wisata Turgo Yogyakarta dan Ternak Domba Sadulur Cirebon.

Advertisement

Di tengah pandemi ini, pelatihan diadakan melalui online meeting. Dalam pelatihan tersebut PLN UIP JBT II menggandeng Perhimpunan Lawe sebagai narasumber. Lawe merupakan perhimpunan dari anggota-anggota yang mengupayakan pengembangan kain tenun Indonesia, khususnya tenun tradisional. Perhimpunan ini mengembangkan riset di bidang disain kain dan produknya, pengolahan bahan kain menjadi produk fungsional, hingga tes pasar. Dalam perkembangannya, Lawe sering melakukan penelitian, memberikan pelatihan, dan membuka konsultasi bagi para penggerak usaha dalam merintis dan mengembangkan usahanya hingga ke mancanegara.

Sejumlah materi seperti marketing dasar, dasar-dasar kewirausahaan, alur produksi, rencana usaha sederhana dan membuat laporan keuangan disampaikan dalam kesempatan tersebut untuk membekali para UMKM dalam menembus keterbatasan mereka untuk tetap bertahan, berkembang dan mampu berkompetisi dengan pelaku usaha lainnya.

"Alhamdullilah kami sangat bersyukur karena PLN hari ini kami mendapatkan ilmu-ilmu baru yang sebelumnya belum pernah kami dapatkan. Kami akan pelajari dan terapkan untuk  mengembangkan usaha-usaha kami." tutur Bagus salah satu penggerak umkm di bidang wisata ini.

Sementara itu dari keterangan tertulis, Senior Manager Pertanahan dan Komunikasi PT PLN UIP JBT II Akhmad Imron Rosyadi menyampaikan “PLN selalu berusaha memberikan bantuan secara total kepada para penerima CSR ini. Tidak hanya sebatas bantuan yang kami berikan, tetapi kami ingin turut mendampingi dan membekali para penerima manfaat agar mereka dapat meningkatkan kompetensi untuk mengelola bantuan CSR dan meningkatkan usahanya sehingga perekonomian masyarakat setempat otomatis akan juga semakin baik.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

TWC Targetkan Wisatawan Candi Borobudur & Prambanan Naik 37% Saat Libur Lebaran

News
| Jum'at, 29 Maret 2024, 19:37 WIB

Advertisement

alt

Mengenal Pendopo Agung Kedhaton Ambarrukmo, Kediaman Sultan Hamengku Buwono VII

Wisata
| Senin, 25 Maret 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement