Advertisement

Peneliti Ungkap Faktor Keberhasilan UKM di Sleman, Ini Detailnya..

Sunartono
Sabtu, 09 Januari 2021 - 11:47 WIB
Sunartono
Peneliti Ungkap Faktor Keberhasilan UKM di Sleman, Ini Detailnya.. Ilustrasi UMKM - Bisnis Indonesia/Rachman

Advertisement

Harianjogja.com, SLEMAN—Peneliti Universitas Islam Indonesia (UII) Rudi Muslim mengungkap sejumlah faktor yang yang mempengaruhi keberhasilam usaha kecil dan menengah (UKM) di Sleman.

Peneliti Program Studi Informatika Program Magister FTI UII Rudi Muslim menjelaskan dari hasil penelitian ia menemukan lima faktor yang lebih penting memengaruhi keberhasilan UKM di Sleman yaitu pelanggan, produk, sumber daya manusia, jaringan dan pengaruh eksternal. Kelimanya dinilai lebih penting dalam memengaruhi keberhasilan UKM di Kabupaten Sleman dibandingkan enam faktor lain yakni karakteristik UKM, keuangan, pasar, pesaing, teknologi dan kebijakan pemerintah.

Advertisement

BACA JUGA : Banyak Kerumunan Antrean Pemohon Bantuan UMKM

“Dari hasil studi literatur didapatkan sebelas faktor yang memengaruhi keberhasilan UKM untuk dilakukan analisis lanjutan di penelitian ini dengan menggunakan FCA dan iceberg concept lattices sebagai filter hasil concept lattices,” katanya dalam rilis yang diterima Harianjogja.com, Sabtu (9/1/2020).

Mahasiswa S2 FTI UII ini menambahkan data UKM yang dianalisis berupa 36 sub faktor yang memengaruhi keberhasilan UKM menghasilkan 95 nilai atribut setelah melalui tahap penskalaan atribut. Hasil analisis konsep formal context, formal concept, dan concept lattices dalam FCA, didapatkan 641 konsep dan visualisasi concept lattices. Dari hasil concept lattices dilakukan filter konsep menggunakan iceberg concept lattices.

Hasil analisis menunjukan ada tujuh intent yang didapat dari iceberg concept lattices dengan minimal support 64% dinilai lebih penting mempengaruhi keberhasilan UKM di Sleman. Sedangkan intent yang tidak termasuk dalam hasil iceberg concept lattices dinilai tidak begitu penting memengaruhi keberhasilan UKM di Kabupaten Sleman.

BACA JUGA : Tingkatkan Penjualan, UMKM di Sleman Gelar Pameran 

“Berdasarkan hasil analisis data UKM menggunakan FCA, ditemukan ada lima faktor yang lebih penting mempengaruhi keberhasilan UKM di Sleman yaitu pelanggan, produk, sumber daya manusia, jaringan, dan pengaruh eksternal. Sedangkan enam faktor lainnya dinilai tidak begitu penting memengaruhi keberhasilan UKM di Kabupaten Sleman, yaitu karakteristik UKM, keuangan, pasar, pesaing, teknologi, dan kebijakan pemerintah,” katanya

Ketua Program Studi Informatika Program Magister FTI UII Izzati Muhimmah dalam penelitian itu data responden 14 UKM di Kabupaten Sleman, untuk analisis lebih lanjut dapat melibatkan UKM yang lebih banyak atau menerapkannya di daerah lain. Sedangkan dalam metode FCA memiliki banyak variasi konsep dalam menganalisis data, dengan hasil penelitian ini diharapkan dapat dikolaborasikan dengan konsep lainnya sehingga memberikan hasil yang lebih tepat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement