Muncul Klaster Resepsi dari 5 Pengantin, Camat Banguntapan Minta Acara Pernikahan Jangan Berlebihan

Ilustrasi. - Freepik
11 Januari 2021 18:27 WIB Hey Setiawan (ST18) Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL— Pihak Kapanewon Banguntapan, Bantul mendeteksi kemunculan klaster resepsi pernikahan. Klaster itu dimungkinkan terjadi saat acara pernikahan yang diselenggarakan beberapa hari lalu.

Kepada Harianjogja.com pada Senin (11/1/2021), Panewu atau Camat Banguntapan, Fauzan Mu’arifin menyebut ada lima pasang pengantin yang dinyatakan positif Covid-19. Saat ini, kelima pasangan itu sudah diisolasi di shelter.

Ia mengatakan, acara pernikahan itu berlangsung beberapa hari lalu. Timbulnya klaster, lanjutnya bisa saja terjadi karena adanya salah satu atau lebih tamu undangan resepsi pernikahan yang mengidap Covid - 19 tanpa gejala.

BACA JUGA: Satgas Covid-19 Diaktifkan, Pasar di Sleman Tutup Pukul 14.00 WIB

“Variatif ada yang Desember, ada yang Januari,” kata Fauzan saat ditanya kapan kasus itu mencuat.

Terkait kondisi kesehatan mereka saat ini di shelter, Fauzan juga tak dapat memastikannya. “Kurang tahu,” begitu katanya.

Supaya klaster serupa tidak terulang, Fauzan menerapkan sejumlah aturan terkait pelaksanaan pernikahan di wilayahnya. Aturan itu juga sebagai tindaklanjut dari Instruksi Bupati Nomor 1 Tahun 2021 Tentang Kebijakan Pengetatan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat.

“Pelaksanaan pernikahan cukup sederhana saja,” mohon Fauzan dengan sangat. Mulai dari Ijab qabul dengan kehadiran jumlah tamu yang terbatas. Kemudian acara syukuran dapat dilakukan hanya dengan membagikan makanan kepada keluarga terdekat maupun tetangga. Selain itu, acara pernikahan juga tak perlu ditambah pentas seni maupun hiburan lainnya.