Advertisement

Bupati Kulonprogo Tak Masuk Daftar 10 Penerima Vaksin Tahap Awal

Jalu Rahman Dewantara
Kamis, 14 Januari 2021 - 17:07 WIB
Budi Cahyana
Bupati Kulonprogo Tak Masuk Daftar 10 Penerima Vaksin Tahap Awal Bupati Kulonprogo Sutedjo - Harian Jogja/Jalu Rahman Dewantara

Advertisement

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pemkab Kulonprogo telah menyiapkan daftar 10 orang pertama yang akan mendapatkan vaksinasi Covid-19 tahap awal. Tidak ada nama Bupati Kulonprogo, Sutedjo.

Bupati tidak dimasukkan dalam daftar penerima vaksin tahap awal karena faktor usia. Salah satu syarat seseorang bisa mendapat vaksinasi ini harus berumur di bawah 59 tahun. Sementara Sutedjo sudah melebihi batas syarat usia tersebut.

Advertisement

BACA JUGA: Besok, Vaksinasi Tahap Pertama di Kota Jogja

"Pak Bupati tidak masuk karena usianya," kata Sekretaris Daerah Kulonprogo, Astungkara, saat ditemui awak media di Kompleks Pemkab Kulonprogo, Kamis (14/1/2021).

Adapun sepuluh daftar penerima vaksin pertama di Kulonprogo meliputi wakil bupati, kapolres, dandim, ketua DPRD, tokoh agama, tokoh masyarakat, publik figur setempat dan tokoh organisasi keagamaan seperti NU dan Muhammadiyah.

Astungkara mengungkapkan daftar nama penerima vaksin pertama di Kulonprogo sebenarnya lebih dari 10 orang itu. Tepatnya ada 20. Namun karena Pemerintah Pusat membatasi hanya 10 orang, pihaknya akan mengikuti aturan tersebut.

BACA JUGA: Komentar Keras Dokter Tirta, Raffi Ahmad Bikin Antipati

Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo Baning Rahayujati mengatakan tokoh-tokoh yang masuk daftar penerima vaksin pertama di Kulonprogo itu sudah memenuhi persyaratan. Mereka juga telah menyampaikan kesediaannya untuk divaksin.

"Tapi nanti sebelum hari H vaksinasi akan kami data ulang, tapi semestinya semua sudah siap karena telah memenuhi kriteria," ujarnya.

Baning mengataka, rencananya proses vaksinasi terhadap tokoh-tokoh pilihan itu dilakukan di RSUD Wates. Namun hingga saat ini belum diketahui kapan waktu vaksinasi bisa terlaksana, mengingat Kulonprogo termasuk daerah di DIY yang pelaksanaan vaksinasinya diundur.

Vaksinasi tahap awal di DIY baru menyasar Kabupaten Sleman dan Kota Jogja. Tiga kabupaten lain, yaitu Gunungkidul, Bantul dan Kulonprogo masuk di tahap berikutnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Pemda DIY Perkuat Komitmen Antikorupsi

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Cabuli Santri, Pengasuh Pesantren Divonis 15 Tahun Penjara dan Denda Rp1 Miliar

News
| Kamis, 18 April 2024, 23:47 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement