Jembatan Baru Kebun Binatang Gembira Loka Segera Beroperasi

Wisatawan di Gembiraloka Zoo. - Harian Jogja/ I Ketut Sawitra Mustika
15 Januari 2021 20:17 WIB Catur Dwi Janati Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA-- Jembatan baru yang terletak di kebun binatang depan Gembira Loka atau GL Zoo bakal segera difungsikan. Setelah disempurnakan, jembatan tersebut akan segera difungsikan dalam waktu dekat.

Kepala Bidang Lalu Lintas, Dinas Perhubungan Kota Jogja, Windarto memastikan operasional jembatan baru akan dilakukan dalam waktu dekat. Mulanya, jembatan baru bakal difungsikan saat Natal, tetapi adanya posko pengawasan libur Natal dan tahun baru membuat pembukaan diundur.

"Mungkin ya dalam waktu dekat ini kami fungsikan. Kalau kemarin kan pas mau kami fungsikan bareng natal itu posko disitu, Terus kami tata lagi jadwalnya," tuturnya Kamis (14/1/2021).

Sementara itu beberapa langkah persiapan juga bakal dilakukan. Windarto menyebutkan pihaknya bakal melakukan kanalisasi nenggunakan water barrier. Sedangkan material pagar pembatas saat ini masih dipakai di seputaran titik nol.

Dia memastikan luas jalan tidak menyempit malah justru makin lebar dengan difungsikannya jembatan baru kelak. "Closing sebelah barat tidak ada masalah. Itu malah pelebaran bukan penyempitan, itu kan utara dan barat tetap ada di batas marka tengah, jadi jatahnya tidak berkurang malah ada jembatan jadi lebih lebar," terangnya.

"Kita tata dulu jadwalnya dengan pihak kepolisian juga. Dari sarana tidak ada persoalan, tidak ada masalah, tinggal jalan saja Musim hujan sebelah barat ada genangan, arahan kami minta untuk DPUPK nambahi aspal lagi. Tapi kalau sekarang dana kan belum turun semua. Kita koordinasi dengan DPUPK dan Polresta Jogja," tegas Windarto.

Pengoperasian jembatan baru di Jl. Kusumanegara tersebut mendapatkan tanggapan dari Ketua Komisi C DPRD Kota Jogja, Ririk Banowati Permatasari. Menurut Ririk, pihaknya bersama jajarannya sudah meminta kejelasan dari Dishub Kota Jogja terkait operasionalisasi jembatan tersebut. Dia menilai jika jembatan tersebut segera harus difungsikan karena proses pembangunan telah selesai sejak tahun lalu. Ririk berpendapat jika tidak segera difungsikan, hal tersebut dapat isa menimbulkan polemik tidak terkecuali poersoalan sosial.

Dituturkan Ririk bahwa Dishub Kota Jogja telah menyanggupi untuk mengoperasikan jembatam baru pada triwulan pertama tahun 2021. Sehingga menurutnya, berbagai persiapan seperti pemasangan ambu-rambu pendukung harus segera dilakukan. "Salah satu [rambu] nanti bagi pengendara dari Jl. Kebun Raya yang hendak berbelok ke timur, apakah masih diperbolehkan atau tidak. Akan lebih bagus lagi jika ada penanda atau ornamen khas, karena jembatan itu menjadi salah satu pintu masuk ke Kota Jogja," katanya.