Advertisement

Nelayan Hilang saat Mencari Ikan di Pantai Kapen

David Kurniawan
Jum'at, 15 Januari 2021 - 13:47 WIB
Bernadheta Dian Saraswati
Nelayan Hilang saat Mencari Ikan di Pantai Kapen Aktivitas nelayan di kawasan Pelabuhan Sadeng di Kecamatan Girisubo, Senin (6/4/2020). - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Sastro Wiyono,65, nelayan asal Kalurahan Banjarejo, Tanjungsari dikabarkan hilang saat mencari ikan di kawasan Pantai Kapen, Kemadang, Jumat (15/1/2021) pagi. Petugas gabungan masih berusaha mencari korban karena hingga Jumat siang belum juga ditemukan.

Sekretaris SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Surisdiyanto mengatakan, Hilangnya Sastro Wiyono bermula saat, korban bersama tiga orang berangkat mencari ikan pada Jumat sekitar pukul 24.00 WIB. Setibanya di Pantai Kapen, keempatnya berpencar untuk menangkap ikan.

Advertisement

Kejanggalan baru terlihat saat rombongan akan pulang, tidak melihat Sastro di sekitar lokasi. Ketiga temannya berusaha mencari, tapi tak kunjung menemukan yang bersangkutan. “Temannya sudah berusaha mencari, tapi hanya menemukan jala dan senter milik korban mengapung di air,” kata Suris saat dihubungi wartawan, Jumat.

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Berhasil, MTI Prediksi Penumpang Pesawat Meningkat

Menurut dia, teman korban pun langsung melaporkan kejadian ini kepada petugas SAR. Upaya pencarian pun langsung dilakukan dengan melibatkan personel gabungan yang terdiri dari relawan, nelayan, warga sekitar hingga aparat keamanan. “Total ada 90 orang yang mencari, tapi hingga sekarang korban belum juga ditemukan,” katanya.

Hal senada diungkapkan oleh Koordinator SAR Satlinmas Wilayah II DIY, Marjono. Menurut dia, pihaknya masih terus berupaya mencari keberadaan korban. Upaya pencarian tidak hanya melalui penyisiran di daerah pantai, namun juga akan melibatkan personel untuk mencari dari jalur laut menggunakan perahu. “Kami sudah lakukan koordinasi untuk menentukan titik pertama kali hilang. Itu jadi dasar untuk pencarian dari jalur laut,” katanya.

Marjono mengimbau kepada nelayan pada saat mencari ikan untuk berhati-hati. Selain itu, juga nelayan juga diminta membawa alat keselamatan diri seperti pelampung untuk berjaga-jaga pada hal-hal yang tak diinginkan. “Kami masih berusaha agar korban bisa segera ditemukan. Tapi, hasilnya belum seperti yang diinginkan,” katanya.

Baca juga: BKAD Gunungkidul Pastikan Tak Ada Mobil Dinas Baru untuk Bupati Terpilih

Menurut dia, untuk pengamanan di kawasan laut, pihaknya siap guna melakukan pengawan. Meski demikian, agar kondisi berjalan dengan aman dan lancar, maka butuh partisipasi dari seluruh pihak yang beraktivitas di kawasan pantai. “Kebetulan saat ini wisata ditutup sehingga tidak ada pengunjung. Tapi pada saat buka, kami juga meminta kepada pengunjung untuk berhati-hati dan waspada agar terhindar dari kecelakaan laut,” ungkapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jadwal Buka Depo Sampah di Kota Jogja

Jogjapolitan | 3 hours ago

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

KPK Ungkap Mantan Kepala Bea Cukai Jogja Lakukan Pencucian Uang Capai Rp20 Miliar

News
| Sabtu, 20 April 2024, 07:27 WIB

Advertisement

alt

Kota Isfahan Bukan Hanya Pusat Nuklir Iran tetapi juga Situs Warisan Budaya Dunia

Wisata
| Jum'at, 19 April 2024, 20:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement