Desa Glagaharjo Siapkan Mekanisme Pemulangan Pengungsi

Sejumlah lansia dari lereng Merapi duduk-duduk di lokasi pengungsian Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman pada hari Senin (9/11/2020). - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo
24 Januari 2021 17:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN-- Pemerintah Desa Glagaharjo telah menyiapkan skema pemulangan pengungsi yang berada di barak pengungsian balai desa Glagaharjo, Cangkringan, Sleman. Armada dari desa disiapkan untuk menaikkan warga kembali ke rumahnya masing-masing. Sejumlah kendaraan milik warga juga disiapkan.

Lurah Glagaharjo Suroto mengatakan jika mekanisme pemulangan pengungsi yang merupakan warga Kalitengah Lor Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, sudah disiapkan menjelang pemulangan pengungsi ke rumahnya masing-masing pada Selasa (26/1/2021) mendatang.

"Jadi, besok kan kita tanya yang sudah pake motor siapa, sudah pake mobil sendiri berapa. Misalnya, kekurangan armada kita dari pemerintah akan menyiapkan. Ini masih dalam pendataan bagaimana nanti kepulangannya. Nunggu keterangan dari Pak Dukuh," ujar Suroto saat dikonfirmasi pada Minggu (24/1/2021).

Baca juga: Di Bantul, Ratusan Tempat Usaha Langgar Prokes & Puluhan Ditutup Paksa

Lebih lanjut, data pengungsian per Sabtu (23/1/2021) malam sendiri sebanyak 173 orang. Meskipun upaya memulangkan kembali pengungsi, khususnya kelompok rentan ke rumahnya masing-masing sudah akan dilakukan, Suroto mengimbau agar masyarakat senantiasa waspada dan selalu beradaptasi dengan aktivitas Gunung Merapi.

"Iya. Seperti yang disampaikan BPPTKG, itu kewaspadaan malah harus terus ditambah. Karena mengingat status belum turun. Masih siaga. Jadi kewaspadaan justru harus malah lebih ditambah," sambung Suroto.

Tidak hanya warga yang dipulangkan, ternak milik warga juga sudah dipulangkan. Proses pemulangan ternak yang berada di kandang komunal balai desa, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman, dilakukan pada hari Minggu (24/1/2021).

"Ternak sudah pulang semua hari ini jumlahnya sekitar 60 an ekor. Sedangkan, untuk ternak warga yang berada di kandang komunal di dusun Singlar, Glagaharjo, Cangkringan, Sleman sudah dipulangkan beberapa waktu yang lalu," ungkap Suroto.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Moderna Diklaim Tak Menimbulkan Alergi

Sementara itu, Ketua Komunitas Siaga Merapi KSM Glagaharjo Rambat Wahyudi mengatakan jika teman-temannya yang berada di KSM Glagaharjo juga senantiasa mengimbau agar warga tidak menurunkan kewaspadaan setelah upaya pemulangan dilakukan pada tanggal 26 Januari 2021 mendatang.

"Baru kali ini status siaga sudah diperbolehkan pulang. Untuk warga tetap meningkatkan kewaspadaan. Kesiapsiagaan dan kewaspadaan tetap harus ditingkatkan karena kan Merapi statusnya masih siaga. Karena dari BPPTKG kan punya pertimbangan arah luncuran kan ke barat daya. Sedangkan Kalitengah Lor itu kan di sisi selatan," pungkasnya.