Pembangunan Molor Akibat Corona, Gedung BPBD Gunungkidul Ditarget Selesai di 2021

Sejumlah pengendara melintas di depan gedung yang nantinya akan menjadi kantor BPBD Gunungkidul di kalurahan Siraman, Kapanewon Wonosari. Jumat (29/1/2021). - Harian Jogja/David Kurniawan.
01 Februari 2021 07:17 WIB David Kurniawan Gunungkidul Share :

Harianjogja.com, WONOSARI – Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPUPRKP) Gunungkidul menargetkan pembangunan kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) selesai tahun ini. Untuk menyelesaikan pembangunan telah dialokasikan anggaran sebesar Rp4 miliar.

Kepala Bidang Cipta Karya, DPUPRKP Gunungkidul, Agus Subaryanto mengatakan, pembangunan gedung BPBD sudah dimulai sejak 2019 lalu. Namun demikian, kerterbatasan anggaran membuat penyelesaian dilakukan secara bertahap.

BACA JUGA : Sejumlah Proyek Besar Dibangun di Sleman

Awalnya, sambung dia, pembangunan ditargetkan selesai di 2020 lalu. Namun, dikarenakan adanya pandemi corona, rencana tersebut batal terealisasi karena adanya refocusing anggaran untuk penanganan.

“Alokasi untuk penyelesaian gedung BPBD ikut dipangkas sehingga tidak jadi selesai tahun lalu” kata Agus, Minggu (31/1/2021).

Ia menjelaskan, setelah kegiatan molor selama satu tahun, akhirnya pemkab kembali melanjutkan pembangunan. Total anggaran Rp4 miliar disediakan guna menyelesaikan gedung BPBD. “Sudah masuk dalam kegiatan di APBD 2021,” ungkapnya.

BACA JUGA : Sudah Dekat Akhir Tahun, Proyek Gedung DPRD Sleman

Agus menjelaskan, pembangunan tahap kedua ini meliputi penyelesaian arsitektual, mekanikal elektrik di gedung. Selain itu, ada juga untuk pembangunan command center, hingga pembuatan lanskap perkantoran meliputi penataan halaman, pagar hingga akses keluar masuk gedung. “Tahun ini selesai dibangun,” katanya.