Kulonprogo Akan Bentuk Badan Promosi Pariwisata Daerah

Foto Ilustrasi para pengunjung berwisata di Taman Bendungan Kamijoro, Dusun Kaliwiru, Desa Tuksono, Kecamatan Sentolo.-Harian Jogja - Fahmi Ahmad Burhan
01 Februari 2021 10:47 WIB Jalu Rahman Dewantara Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Pemerintah Kabupaten Kulonprogo tengah menggodok rencana pembentukan Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD). Sejumlah elemen dari unsur pariwisata telah diajak komunikasi oleh Dinas Pariwisata (Dispar) setempat guna merealisasikan hal tersebut.

"Dispar memang bertugas mengkomunikasikan pembentukan BPPD ini kepada elemen-elemen yang terkait, yang dalam pelaksanaannya didampingi oleh Bagian Setda Kulonprogo. Ketika sudah diforumkan, nanti tinggal menunggu hasilnya seperti apa," kata Kepala Dispar Kulonprogo, Joko Mursito, Minggu (31/1/2021).

BACA JUGA : Pemkot Jogja Kukuhkan Unsur Badan Promosi Pariwisata

Seperti diketahui, Kulonprogo menjadi satu-satunya daerah di DIY yang belum memiliki BPPD. Padahal kehadiran BPPD cukup berperan dalam upaya upaya mendongkrak sektor pariwisata.

Menurut Joko belum dibentuknya BPPD di Kulonprogo karena pemkab masih mencari sosok-sosok yang tepat untuk mengisi lembaga tersebut. Dijelaskan unsur yang terlibat dalam BPPD meliputi pelaku-pelaku pariwisata seperti dari ASITA, PHRI, HPI dan lain sebagainya. Mereka harus benar-benar kompeten.

Tokoh-tokoh yang terlibat itu juga harus memiliki jaringan yang kuat baik di tingkat nasional maupun internasional. Hal itu penting agar promosi wisata Kulonprogo dapat menyasar masyarakat secara luas.

BACA JUGA : Promosi Wisata Bantul Kemungkinan Baru Bisa Dilakukan

Joko berharap, kehadiran BPPD yang masih dalam tahap rencana pembentukan ini bisa dilakukan dengan segera mengingat Kulonprogo telah ditetapkan sebagai salah satu pendukung Kawasan Stategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur.