Advertisement

Hari Ketiga Pencarian, Penambang Pasir di Muara Sungai Opak Belum Ditemukan

Ujang Hasanudin
Rabu, 03 Februari 2021 - 14:17 WIB
Sunartono
Hari Ketiga Pencarian, Penambang Pasir di Muara Sungai Opak Belum Ditemukan Foto ilustrasi. - Ist/Freepik

Advertisement

Harianjogja.com, BANTUL--Suhardi, 43, penambang pasir yang hilang di muara sungai Opak pada Senin (1/2/2021) pagi lalu hingga Rabu (3/2/2021) ini masih belum ditemukan. Tim Search and Rescue (SAR) gabungan masih terus melakukan pencarian warga Dusun Dawuran, Kalurahan (Desa) Parangtritis, Kapanewon (Kecamatan) Kretek, Bantul, tersebut.

Advertisement

“Sampai hari ketiga pencarian korban masih nihil, belum ditemukan,” kata Sekretaris Sarlinmas Wilayah III Parangtritis, Arief Nugroho, saat dihubungi Rabu (3/2/2021).

BACA JUGA : Penambang yang Hilang di Muara Sungai Opak Belum Ditemukan

Arief mengatakan pencarian di hari ketiga ini masih terkendala dengan gelombang tinggi air laut 3-4 meter sehingga pencarian korban dilakukan dengan menyisir dari darah, “Arah pencarian difokuskan ke arah timur karena angin laut ke timur,” ucap Arief.

Humas Basarnas DIY, Pipit Eriyanto mengatakan rencana pencarian di hari ketiga ini pihaknya membagi lima tim untuk penyusuran dari darat. Tim pertama dengan melakukan penyisiran menggunakan Beach Patrol dari pantai Depok menuju pantai Pelangi dengan jarak sekitar 2,5 kilometer.

Tim dua melakukan penyisiran dari pantai Depok - muara sungai Opak - pantai Depok dengan jarak 2,1 kilometer. Tim tiga melakukan penyisiran dari pantai Depok - Pantai Pelangi dengan jarak dua kilometer. Tim empat melakukan penyisiran dari pantai Pelangi - pantai Parangkusumo dengan jarak dua kilometer.

BACA JUGA : Terseret Arus ke Muara, Satu Penambang di Sungai Opak Bantul Hilang

Tim lima melakukan penyisiran dari pantai Parangkusumo - Parangtritis - pantai Parang Ndog dengan jarak 3,6 kilometer. Sementara tim pencarian dari laut dibagi dalam satu tim.

“SRU laut pukul 06.00 WIB tim dibagi menjadi 1 SRU, dengan penyisiran menggunakan dua unit Jetski Basarnas dan satu unit jetski Polair ke arah  timur sampai dengan Parang Ndog,” kata Pipit. Namun penelusuran laut ini masih menyesuaikan dengan kondisi pasang air laut.

Sebelumnya diberitakan Suhardi bersama Waluyo sedang menambang pasir menggunakan kapal di muara sungai Opak,  Depok,  Parangtritis,  Senin (1/2/2021) pagi. Namun ada ombang besar dari laut sehingga membuat kapal yang ditunggangi tenggelam.  Waluyo dapat terselamatkan.  Sementara Suhardi masih hilang dan hingga rabu pagi siang masih dalam pencarian.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Densus 88 Menangkap Lagi Satu Terduga Teroris, Total Delapan Orang

News
| Jum'at, 19 April 2024, 14:57 WIB

Advertisement

alt

Sambut Lebaran 2024, Taman Pintar Tambah Wahana Baru

Wisata
| Minggu, 07 April 2024, 22:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement