Penambang yang Hilang di Muara Sungai Opak Belum Ditemukan

Ilustrasi - Pixabay
02 Februari 2021 18:27 WIB Ujang Hasanudin Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Suhardi, 43, penambang pasir warga Dusun Dawuran, Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Bantul, yang hanyut di muara Sungai Opak belum ditemukan

Komandan Sar Satlinmas Wilayah III Paranhtritis Ali Sutanto mengatakan pencarian hari kedua terhadap Suhardi pada Selasa (2/2/2021) melibatkan 200 tim SAR gabungan yang menyisir dari darat. Adapun penyisiran melalui laut masih terkendala gelombang pasang antara 3-4 meter.

"Ketika gelombang landai baru kami turun dengan menggunakan jetski," kata Ali.

Ali mengatakan arus laut mengarah ke timur sehingga korban kemungkinan terbawa arus ke timur. "Namun kami juga koordinasi dengan SAR Wilayah IV antisipasi korban terlihat di wilayah Pantai Samas hingga Pantai Pandansimo," tuturnya.

Humas Basarnas DIY Pipit Eriyanto mengatakan instansinya telah menerjunkan sejumlah personel untuk membantu pencarian korban Suhardi.  Proses pencarian dibagi dalam tujuh tim. 

Sebelumnya, Suhardi bersama Waluyo sedang menambang pasir menggunakan kapal di muara Sungai Opak,  Depok,  Parangtritis, Senin (1/2/2021) pagi. Namun, ada ombak besar dari laut sehingga kapal tenggelam. Waluyo dapat diselamatkan.  Sementara Suhardi masih hilang dan hingga Selasa siang masih dalam pencarian.