Jateng di Rumah Saja Bikin Pantai di Bantul Sepi

Wisatawan sedang menikmati bermain pasir di Pantai Parangtritis. - Harian Jogja/Jumali
07 Februari 2021 14:07 WIB Jumali Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL - Adanya kebijakan Jateng di rumah saja, ternyata berdampak signifikan terhadap penurunan kunjungan wisatawan ke Pantai Parangtritis, Bantul. Kebijakan tersebut membuat pantai terlihat sepi.

“Hari ini, yang berkunjung bisa dihitung dengan jari. Sepi,” kata Komandan SAR Satlinmas Wilayah III Bantul, Ali Sutanta Joko Saputro, Minggu (7/2/2021).

Dia menambahkan, jika biasanya banyak mobil pribadi dan bus mendatangi kawasan pantai tersebut, maka kali ini terlihat sepi.

Baca juga: Muncul Dua Kubah Lava di Gunung Merapi, Pertama Kalinya dalam Sejarah


“Di parkir pengunjung juga sepi. Tidak ada rombongan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Ali menduga, sepinya pengunjung di tempat tersebut karena adanya kebijakan dari Pemprov Jateng yang menerapkan Jateng di rumah saja. “Sepertinya karena hal itu. Karena selama ini memang banyak warga Jateng yang berkunjung ke sini,” ungkap Ali.

Hal sama juga dirasakan oleh sejumlah pemilik warung di Pantai Depok. Ketua Koperasi Wisata Mina Bahari 45, Sutarlan menyatakan ada penurunan jumlah pengunjung pada akhir pekan kali ini. “Rata-rata hanya langganan saja yang datang,” ucap Sutarlan.

Baca juga: Pemancing Temukan Orok di Kali Winongo

Sementara Sekretaris Dinas Pariwisata Bantul, Annihayah mengakui kebijakan Jateng dirumah saja kian menurunkan pengunjung di sejumlah objek wisata di Bantul. “Apalagi ada PTKM juga, warung dan pedagang sepi pengunjung," katanya.