Curah Hujan di DIY Diperkirakan Masih Tinggi

Ilustrasi - JIBI/bisnis.com
08 Februari 2021 14:07 WIB M Faisal Nur Ikhsan Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY mengeluarkan peringatan dini cuaca ekstrem pada Senin (8/2/2021). Peringatan tersebut berlaku hingga Selasa (9/2/2021).

Suhu udara di DIY berkisar di 22 – 30 C dengan kelembapan udara sekitar 70-95 persen. Angin diprediksikan akan berembus dari arah barat dengan kecepatan hingga 30 km/jam.

Cuaca pada pagi hari diprediksikan berawan dengan potensi hujan sedang-lebat di siang sampai sore hari. Hujan dengan intensitas ringan-sedang juga akan terus terjadi hingga malam hari. BMKG mengeluarkan peringatan dini potensi hujan sedang-lebat disertai petir dan angin kencang di Kulon Progo bagian utara, Sleman, Bantul bagian utara, Gunungkidul, dan Kota Jogja.

Sementara itu, gelombang laut di pesisir selatan Pulau Jawa masih cukup tinggi. BMKG DIY memperkirakan bahwa tinggi gelombang berkisar di 2,5 – 4,0 meter atau dalam kategori tinggi.

BMKG Stasiun Meteorologi Tunggul Wulung, Cilacap, memperkirakan gelombang tinggi tersebut akan terjadi hingga 10 Februari 2021. Gelombang tinggi akan berpeluang terjadi di perairan selatan Sukabumi, perairan selatan Cianjur, perairan selatan Garut, perairan selatan Tasikmalaya, perairan selatan Pangandaran, perairan selatan Cilacap, perairan selatan Kebumen,perairan selatan Purworejo, dan perairan selatan DIY.

Sementara itu, gelombang setinggi 4,0 – 6,0 meter diperkirakan akan terjadi di Samudera Hindia selatan Sukabumi, Samudera Hindia selatan Cianjur, Samudera Hindia selatan Garut, Samudera Hindia selatan Tasikmalaya, Samudera Hindia selatan Cilacap, Samudera Hindia selatan Kebumen, Samudera Hindia selatan Purworejo, Samudera Hindia selatan DIY.

Masyarakat, khususnya yang tinggal di pesisir selatan Pulau Jawa, diminta untuk terus waspada. Kegiatan pelayaran seperti operasional perahu nelayan, kapal tongkang, kapal ferry, ataupun kapal ukuran besar seperti kapal kargo atau kapal pesiar juga diminta untuk berhati-hati.

Beberapa hari terakhir, Provinsi Jawa Tengah dan DIY tengah dihadapkan dengan fenomena cuaca ekstrem. Di Jawa Tengah, angin kencang yang terjadi pada Senin (8/2/2021) dini hari menyebabkan puluhan kios di Pasar Kobong Rejomulyo Kota Semarang rusak. Sementara itu, tingginya curah hujan juga mulai menimbulkan genangan air di sejumlah titik. Di Arteri Yos Sudarso Semarang arah Demak, tumpukan antrean kendaraan terjadi akibat banjir yang menggenangi akses jalan.

 

Sumber : JIBI/Bisnis Indonesia