Diserang Orang Tak Dikenal, Dua Mesin ATM di UGM Terbakar

ATM Bank Mandiri UGM yang diserang pada Minggu (21/2/2021) dini hari telah digembok, Senin (22/2 - 2021).
22 Februari 2021 16:07 WIB Lugas Subarkah Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—Anjungan tunai mandiri (ATM) milik Bank Mandiri UGM, Jalan Persatuan, Blimbingsari, Caturtunggal, Depok, diserang orang tak dikenal dan terbakar pada Minggu (21/2) dini hari. Pelaku masih dalam pengejaran polisi.

Salah seorang saksi, tukang becak yang biasa mangkal di seberang Bank Mandiri UGM, Mardi, menceritakan dirinya sedang tidur di becaknya saat mendengar suara ledakan. "Grobyak gitu, saya kira tabrakan. Saya lihat ke arah barat sudah murup [menyala api]," ujarnya, Senin (22/2/2021).

BACA JUGA: Mahfud MD Sebut Revisi UU ITE Masuk Prolegnas 2024

Menurutnya, bunyi tersebut terdengar sekitas pukul 03.00 WIB. Setelah itu, Mardi melihat salah seorang satpam keluar dari Kantor Bank Mandiri, memeriksa dan selanjutnya memadamkan api. Ledakan, kata dia, hanya terjadi sekali.

Jalanan sedang sepi. Ia sempat melihat pelaku keluar dari area Bank Mandiri mengendarai dua sepeda motor. Karena kondisi gelap, ia tidak bisa melihat ciri-ciri pelaku dengan jelas. "Ada tiga orang, satu perempuan, dua laki-laki," ungkapnya.

Kapolsek Bulaksumur, AKBP Sugiarto, membenarkan kejadian ini. Meski demikian ia belum bisa mengungkapkan banyak informasi kepada wartawan. "Kami sudah lakukan olah TKP [tempat kejadian perkara], sampai saat ini masih kami selidiki," kata dia.

Menurutnya, penyerangan terjadi pukul 03.14 WIB. ATM dilempar menggunakan sesuatu yang kemudian menimbulkan kobaran api. Akibatnya dua mesin ATM mengalami kerusakan dan saat ini sudah dititup. Ia juga belum mengetahui berapa taksiran kerugian akibat penyerangan ini.

Penyerangan ATM dengan peledak bukan pertama kalinya terjadi di Jogja. Pada 2011 silam, penyerangan juga terjadi di ATM BRI di Jalan Affandi  yang menyebabkan ATM hangus terbakar, tetapi brankas ATM masih dalam keadaan aman.