Advertisement

46.000 Lansia Jogja Masuk Prioritas Vaksin Covid-19 Tahap II

Ujang Hasanudin
Selasa, 23 Februari 2021 - 17:27 WIB
Budi Cahyana
46.000 Lansia Jogja Masuk Prioritas Vaksin Covid-19 Tahap II Ilustrasi - Antara/M Agung Rajasa

Advertisement

Harianjogja.com, JOGJA—Pemerintah Kota Jogja masih mendata lansia atau warga yang berusia di atas 60 tahun untuk mendapatkan prioritas vaksin Covid-19 tahap kedua yang dimulai 1 Maret mendatang.

Ketua Harian Satgas Covid-19 Jogja Heroe Poerwadi mengatakan ada sekitar 46.000 lansia di Jogja, sebagian di antara mereka sudah terdaftar untuk mendapatkan vaksin tahap kedua termin pertama pada Maret mendatang atau dibarengkan dengan vaksinasi untuk pelayan publik seperti aparatur sipil negara (ASN), tokoh agama, tokoh masyarakat,TNI-Polri, dan tenaga kesehatan yang belum mendapatkan vaksin di tahap pertama.

Advertisement

BACA JUGA: Puluhan Burung Kuntul di Hutan Mangrove Baros Bantul Berjatuhan dari Langit & Mati Misterius

“Kami masih melakukan pendataan untuk lansia ini. Memang, sebagian sudah terdaftar,  karena masuk prioritas vaksinasi tahapan kedua. Tapi, lansia dan komorbid kan belum lama dapat izinnya, jadi banyak yang belum daftar,” kata Heroe, Selasa (23/2/21).

Guna mempercepat proses pendataan lansia, Pemkot Jogja akan menggandeng Komisi Daerah (Komda) Lansia Jogja yang memiliki data akurat terkait jumlah lansia di Jogja. Komda ada di setiap kalurahan sehingga data lebih akurat. “Kami mendorong anggotanya [komda] melakukan pendaftaran vaksinasi lewat website yang telah ditentukan,” ujar Heroe.

Kepala Dinas Kesehatan Jogja Emma Rahmi Aryani mengatakan potensi lansia di Jogja itu sekitar 10% dari total jumlah penduduk atau sekitar 46.000. Dinkes Jogja masih terus mendatanya sekaligus menyaring apakah mereka bisa divaksin atau tidak.

Namun demikian, sesuai edaran baru dari Kementerian Kesehatan dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), lansia aman disuntik vaksin Covid-19. Pihaknya terus berupaya mensosialisasikan kepada masyarakat untuk mendaftar. Sosialisasi dilakukan melalui mobil keliling dan semua puskesmas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Dipimpin Nana Sudjana, Ini Sederet Penghargaan Yang Diterima Pemprov Jateng

News
| Kamis, 25 April 2024, 17:17 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement