Targetkan Suara 15 Persen di 2024, Ini Strategi PKS

Peluncuran pendopo aspirasi DPD PKS Kota Jogja, Rabu (24/2/2021). - Ist/pks.
25 Februari 2021 05:57 WIB Sunartono Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA--Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mulai bergerilya dalam upaya meraih simpati masyarakat guna mendulang dukungan pada Pemilu 2024. Target perolehan 15% suara yang ditetapkan DPP PKS direspons Sebagian besar DPD PKS dengan melakukan pendekatan kepada masyarakat lebih terbuka.

Salah satunya DPD PKS Kota Jogja yang menyiapkan fasilitas pendopo bagi masyarakat di Kantor DPD PKS Jalan Sidikan, Umbulharjo, Kota Jogja. Pendopo Aspirasi ini secara resmi diluncurkan pada Rabu (23/2/2021). Tak hanya itu PKS juga meninggalkan cara konvensional, dengan menjadikan kantornya tidak hanya dipakai untuk pengurus namun juga bisa dijadikan sebagai tempat nongkrong dan berbagai kegiatan.

BACA JUGA : Wanita Duduki Posisi Strategis di Kepengurusan PKS DIY 

"Syaratnya hanya WNI, siapa pun boleh menggunakan pendopo ini, tidak ada persyaratan khusus, silahkan menghubungi sekretariat DPD, kami sediakan jadwalnya asal tidak bersamaan dengan kegiatannya. Kebetulan warga sudah ada yang memakai untuk kegiatan, untuk senam dan pelatihan,” kata Sekretaris DPD PKS Kota Jogja Budi Wiyarno dalam keterangannya Rabu.

Budi tidak menampik, keberadaan fasilitas pendopo itu merupakan bagian dari strategi untuk lebih meningkatkan titik sentuh kepada masyarakat. Mengingat pada 2024 PKS menargetkan suara 15%. “Maka kami membuka interaksi lebih luas dengan masyarakat, karena kami diminta untuk mencapai target 15 persen suara di 2024. Tagline melayani rakyat, bagian dari upaya kami mencoba untuk memberikan lebih banyak titik sentuh kepada masyarakat luas dan terbuka,” katanya.

Menurutnya PKS ingin menunjukkan kepada masyarakat, bahwa kantor partai bukan sekedar tempat administratif yang jauh dari masyarakat, sebaliknya Kantor DPD PKS Kota Jogja bisa dinikmati masyarakat. Sejak dibangun sebulan terakhir, keberadaan pendopo tersebut sudah dipakai untuk berbagai kegiatan masyarakat seperti penyuluhan pertanian hingga senam. “Ke depan kami desain untuk tempat nongkrong juga,” katanya.

BACA JUGA : PKS Desak Ketersediaan Bed Pasien Covid-19 di DIY

Ketua DPP PKS Bidang Pembinaan dan Pengembangan Luar Negeri Sukamta mengapresiasi Langkah DPD PKS Kota Jogja yang melakukan terobosan dengan menjadikan kantor lebih terbuka untuk masyarakat. Strategi ini bisa ditiru oleh DPD lain sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat umum.

“Kami sepakat pendopo bukan hanya sebagai kantor, tetapi harus bermanfaat untuk membangun kebersamaan dan ajang tempat silaturahmi antar kader dan masyarakat yang akan memakai. Seiring dengan tujuan berdirinya PKS mendatangkan manfaat terbesar untuk masyarakat,” katanya.