Rel Bandara YIA Hampir Rampung, Diklaim Bebas Ancaman Banjir karena Melayang

Kondisi Stasiun Kedundang, Temon, Kulonprogo - JIBI/Dokumen
04 Maret 2021 13:37 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO—Pembangunan jalur kereta api (KA) Yogyakarta International Airport (YIA) sudah mencapai 82,82%. Rel ini diklaim bebas banjir karena konstruksinya melayang.

Kepala Humas Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Supandi, mengatakan fasilitas pendukung yang bakal dibangun di jalur KA Bandara YIA sepanjang lima kilometer mengikuti desain yang sudah dibuat.

BACA JUGA: Jokowi Ajak Masyarakat Benci Produk Luar Negeri

"Sampai saat ini progres pembangunan sudah mencapai 82,82 persen," ujar Supandi, Kamis (4/3/2021).

Pembangunan jalur KA YIA yang melewati tiga kalurahan yakni Kaligintung, Kedudang, dan Glagah di Kapanewon Temon kini berada dalam tahap pembangunan konstruksi struktur melayang (elevate) dan pemasangan pilar serta fondasi rel.

Supandi menegaskan jalur KA YIA juga bebas dari ancaman sejumlah bencana alam, khususnya banjir karena konstruksinya melayang. Pembebasan lahan yang terdampak oleh pembangunan jalur KA YIA sudah mencapai sekitar 91%.

"Untuk 560 bidang lahan yang terdampak oleh pembangunan jalur KA Bandara YIA, 512 bidang sudah dibebaskan," ungkapnya.

"Stasiun Kedundang untuk stasiun operasi, bukan untuk  stasiun penumpang. Untuk titik pemberhentian disesuikan dengan pola operasi. Tidak ada stasiun yang akan dibangun lagi.”

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Bagian Tengah, Nur Setiawan Sidik sebelumnya mengatakan pembangunan jalur KA Bandara YIA ditargetkan rampung pada Juli 2021.