Soal Mutasi Virus Corona Baru, Begini Kata Pemkab Bantul

Ilustrasi. - Freepik
05 Maret 2021 09:37 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL- Merebaknya kabar varian baru Covid-19 di Indonesia, mengundang pertanyaan, apakah mutasi virus tersebut sudah sampai ke DIY. Di Bantul, pemeirntah mengklaim hingga kini belum ada laporan dari laboratorium ke Dinas Kesehatan setempat mengenai temuan varian baru tersebut.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bantul, Sri Wahyu Joko Santosa atau yang lebih kerap disapa Oki menyatakan sampai saat ini belum ada laporan terkait temuan varian baru tersebut. "Untuk menentukan jenis mikroba atau pun virus bisa di periksa di laboratorium tertentu. Untuk Bantul karena spesimen dikirimkan ke BBTKL, sampai saat ini belum ada yang diberitahukan ke kami terkait mutasi," jelasnya pada Kamis (4/3/2021).

BACA JUGA: Berkedok Warung Kelontong, Sejumlah Warga Bantul Jual Ratusan Botol Miras

Pernyataan yang serupa disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi. Dituturkan Agus, saat ini belum ditemukan adanya varian baru Covid-19 di Bantul.

Sementara itu perihal adanya penerima vaksin yang mangkir dari jadwal vaksinasi atau melakukan pembatalan vaksinasi, Juru Bicara Pengelolaan Vaksin Covid-19 Bantul, Abednego Dani Nugroho menyebutkan belum adanya laporan penerima vaksin yang melakukan dua tindakan tersebut. "Saya belum dapat laporan untuk hal itu. Kalau toh ada kasusnya, Dinkes belum ada instruksi untuk mekanisme sanksi," tandasnya.