Minim Distribusi, Vaksinasi ASN Kulonprogo Tahap Kedua Belum Terlaksana

Ilustrasi PNS - JIBI
12 Maret 2021 05:27 WIB Hafit Yudi Suprobo Kulonprogo Share :

Harianjogja.com, KULONPROGO--Vaksinasi kepada aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulonprogo belum terlaksana imbas minimnya distribusi. Pemkab Kulonprogo masih mendahulukan upaya vaksinasi tahap kedua gelombang pertama kepada petugas pelayanan publik yang ada di kalurahan maupun kapanewon.

Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kulonprogo, Fajar Gegana, mengatakan vaksinasi yang diperuntukkan kepada ASN di lingkungan Pemkab Kulonprogo sendiri menyasar sekitar 8.000 orang.

"Targetnya kepada sekitar delapan ribu ASN yang ada di lingkungan Pemkab Kulonprogo. Saat ini kami masih melakukan prioritas vaksinasi kepada petugas pelayanan publik yang memberikan pelayanan secara langsung ke masyarakat terlebih dahulu," ujar Fajar saat dikonfirmasi pada Kamis (11/3/2021).

Vaksinasi kepada ASN yang belum terlaksana di kabupaten Kulonprogo imbas dari jumlah distribusi vaksin yang diterima Kulonprogo. Jumlah yang diterima masih jauh dari angka yang diusulkan hingga mencapai 24.000 orang.

Baca juga: Penembakan Laskar FPI Libatkan 3 Anggota Polda Metro Jaya, Ini Respons IPW

"Kalau targetnya ya semua ASN di Kulonprogo divaksin. Namun dikarenakan dari yang kita ajukan sekitar 24.000 yang turun hanya 3.000, jadi memang kita pakai skala prioritas dulu dan ini merupakan domainnya Dinkes karena semua kewenangan ada di Dinkes mereka yang mendata dan memprioritaskan siapa saja yang mendapatkan vaksin tahap kedua ini," papar Fajar.

Fajar menilai minimnya distribusi vaksin tahap kedua ke Kulonprogo berdampak kepada lambatnya proses berjalannya vaksinasi Covid-19 tahap kedua di Bumi Binangun. "Ini yang menjadikan kita lambat ya karena itu. Kalau persediaan vaksin banyak ya kita siap untuk semua bisa divaksin, termasuk ASN," tutup Fajar.

Sementara itu, Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Kulonprogo, Baning Rahayujati mengatakan sebanyak 25 fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) di Kulonprogo menyediakan layanan vaksinasi Covid-19 tahap kedua gelombang pertama. Terdiri dari puskesmas, rumah sakit milik pemerintah kabupaten Kulonprogo dan dua klinik milik TNI dan Polri.

"Puskesmas ada 21 dan dua rumah sakit umum, satu klinik bhayangkara. Kemudian, ada satu klinik Kartika. 25 fasyankes bisa melakukan vaksinasi tahap kedua," imbuhnya.

Baca juga: Warga Dukuh Gedongkiwo Ubah Selokan Menjadi Kolam Ikan

Dikarenakan dosis vaksin Covid-19 baru mampu menyasar sekitar 3.050 dosis maka pemerintah kabupaten Kulonprogo mencoba untuk melakukan skala prioritas. Pemberian vaksinasi baru akan menyasar petugas pelayanan publik di kalurahan maupun kapanewon.

"Karena jumlah vaksin yang diberikan kepada kami baru 3.050 dosis atau 3.000 an dosis sedangkan usulan kita sudah mencapai angka 24.000 orang sehingga kami melakukan prioritas," tukas Baning.