Pemda DIY Masuk Nominasi Penerima Paritrana Awards 2020

BPJS Ketenagakerjaan. - Ist
18 Maret 2021 12:37 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, SLEMAN- Paritrana Awards 2020 kembali digelar untuk memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan perusahaan yang sepanjang tahun 2020 mendukung penuh implementasi dan tertib administrasi jaminan sosial ketenagakerjaan di wilayah masing-masing.

Pemerintah Daerah (Pemda) DIY terpilih sebagai salah satu nominasi Paritrana Award 2020 yang diselenggarakan oleh BPJS Ketenagakerjaan. Pemda dinilai berperan penting dalam menerbitkan regulasi, sedangkan pemberi kerja juga berperan penting melalui komitmennya untuk mendaftarkan seluruh tenaga kerja.

Seleksi dilakukan secara daring di Gedhong Pracimasana, Kompleks Kepatihan pada 15 Maret lalu. Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X menyatakan DIY telah mengajukan Program Sapta Upaya yang sejalan dengan visi Gubernur DIY. Sapta Upaya merupakan tujuh strategi, yaitu Kerjasama, Sinergi, Kolaborasi, Paritrana Pekarya, Paritrana Garda, Paritrana Budaya, dan Paritrana Desa.

BACA JUGA : DIY Targetkan Raih Anugerah Paritrana 2018 BPJS

"Sebanyak 31% pekerja formal di DIY telah terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Seluruh Tenaga Bantu non-PNS maupun para pekerja lain di DIY juga telah tercover hingga saat ini," ungkap Sultan.

Selain Program Sapta Upaya, Pemda DIY juga menggunakan strategi Saling Silang dengan membentuk Tim Waspadu untuk meningkatkan kepatuhan pemberi kerja dalam implementasi jaminan sosial ketenagakerjaan. "Strategi ini telah membuktikan bahwa terjadi penurunan tren ketidakpatuhan jumlah pemberi kerja di DIY terkait perlindungan ketenagakerjaan selama periode 2018-2021," katanya.

Terdapat empat kategori dalam Paritrana Award, yaitu Kategori Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota, Kategori Perusahaan Besar, Kategori Perusahaan Menengah, dan Kategori Perusahaan Kecil/Mikro. Selain Pemda DIY, PDAM Tirta Sembada Jogja dan BPR Pasar Kulonprogo juga terpilih sebagai nominasi Paritrana Award 2020 dalam kategori Badan Usaha Skala Menengah.

Kedua perusahaan mengikuti wawancara kandidat Paritrana Award 2021 yang dilakukan di Jakarta. Acara tersebut dihadiri oleh Joko Purnomo selaku Direktur BPR Pasar Kulon Progo dan Dwi Nurwata selaku Direktur PDAM Tirta Sembada Sleman.

"Penghargaan Paritrana adalah piala yang diberikan oleh pemerintah kepada pemerintah daerah atas perhatian dan dukungan pentinganya perlindungan jaminan sosial terhadap pekerja baik formal informal dan pekerja jasa konstruksi," kata Kepala BPJamsostek Cabang Jogja Asri Basri.