Vaksinasi Mulai Menyasar Kiai Ponpes

Ilustrasi. - Reuters
30 Maret 2021 21:17 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL--Bantul siap-siap lakukan vaksinasi ke Kiai di Pondok Pesantren. Vaksinasi kepada Kiai memperbanyak sasaran vaksin di kalangan pendidik.

Sekretaris Daerah, Helmi Jamharis menyampaikan vaksinasi kepada Kiai Pondok Pesantren akan dimulai Rabu (31/3/2021). Sebagai pendidik, Kiai dinilai sering kontak langsung dengan santri maupun warga lainnya. Sebelumnya dari kalangan pendidik, guru SD di Bantul telah menerima vaksin lebih dulu sejak beberapa pekan lalu.

BACA JUGA : Gus Hilmy Kritik Vaksinasi Covid-19 untuk Kiai di Jogja

"Vaksinasi Kiai karena kami memandang bahwa kiai itu merupakan salah satu personil yang selalu banyak bersentuhan dengan warga masyarakat, selalu memberikan nasihat dan sebagainya. Sehingga mereka harus kita jaga imunitasnya dengan cara vaksin," jelas Helmi pada Selasa (30/3/2021).

Helmi menambahkan vaksinasi pertama bagi Kiai akan menyasar Kiai di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak, Panggungharjo, Sewon, Bantul.

"Kiai memiliki intensitas cukup tinggi seperti pamong desa dan FPRB. Sebentar lagi linmas juga akan divaksin. Linmas masih kita tunggu pendataanya untuk melakukan vaksin," ujarnya.

"Kalau tren kasusnya saat ini fluktuatif. Saya tidak mengatakan stagnan, tapi sudah mengalami banyak penurunan. Kalau dikatakan nol juga enggak, tapi mengalami penurunan," ucapnya.

BACA JUGA : Harian Jogja Hari Ini: Pembelajaran di Ponpes Dievaluasi

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budi Raharjo menuturkan pada tahap awal ini rencananya sekitar 200 orang akan menerima vaksinasi.

"Vaksinasi di pesantren juga akan mulai jalan mulai Rabu (31/3) kita launching. Kemudian nanti tahapan berikutnya guru-guru dan sebagainya. Targetnya 200 [vaksinasi di Pondok Pesantren], nanti kita lanjutkan dengan yang lain sambil pendataan," katanya.