Siap-siap, Vaksinasi di Pondok Pesantren Dimulai Pekan Ini

Ilustrasi vaksinasi Covid-19. - Harian Jogja/Desi Suryanto
31 Maret 2021 05:47 WIB Catur Dwi Janati Bantul Share :

Harianjogja.com, BANTUL—Pemkab Bantul bersiap menggelar vaksinasi Covid-19 dengan sasaran kiai dan ustaz di Pondok Pesantren. Vaksinasi kepada kiai ini memperbanyak sasaran vaksin untuk kalangan pendidik.

Sekda Bantul, Helmi Jamharis mengatakan vaksinasi untuk kiai di ponpes dimulai Rabu (31/3/2021). Sebagai pendidik, kiai dan ustaz sering kontak langsung dengan santri maupun warga lain. Sebelumnya, sejumlah guru SD di Bantul telah menerima vaksin.

"Kami memandang bahwa kiai merupakan salah satu personel yang selalu banyak bersentuhan dengan warga, selalu memberikan nasihat dan sebagainya, sehingga mereka harus dijaga imunitasnya dengan cara vaksinasi," kata Helmi, Selasa (30/3/2021).

Untuk tahap awal, vaksinasi menyasar Ponpes Ali Maksum Krapyak, Panggungharjo, Sewon. "Setelah kiai, anggota satlinmas juga divaksin. Untuk saat ini vaksinasi untuk linmas masih menunggu tunggu pendataan," ujarnya.

Kepala Dinas Kesehatan Bantul, Agus Budiraharjo menuturkan untuk tahap awal ada sekitar 200 orang kiai yang divaksin. "Target awal 200 orang, dan selanjutnya dilakukan sambil pendataan," katanya.