Advertisement

Gerbang Samudra Raksa Berpotensi Jadi Objek Wisata baru

Hafit Yudi Suprobo
Senin, 05 April 2021 - 19:37 WIB
Sunartono
Gerbang Samudra Raksa Berpotensi Jadi Objek Wisata baru Gerbang Samudra Raksa di perbatasan Kulonprogo dan Magelang. - Harian Jogja/Hafit Yudi Suprobo.

Advertisement

Harianjogja.com, WATES--Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Kulonprogo menilai gerbang Klangon atau yang kerap disebut gerbang samudra raksa mampu menjadi objek wisata baru yang mampu menarik perhatian dari wisatawan untuk ke Kulonprogo.

Kepala Dinas Pariwisata (Dinpar) Kabupaten Kulonprogo, Joko Mursito, mengatakan gerbang samudra raksa punya potensi untuk menarik minat wisatawan agar datang ke bumi binangun. 

Advertisement

"Samudra raksa sudah mempunyai bangunan yang mampu dikembangkan sejumlah aspek seperti industri kreatif kuliner, kemudian wisata buatan dan sebagainya," ujar Joko pada Senin (5/4/2021).

Lebih lanjut, gerbang samudra raksa sendiri pengelolaannya sudah diserahkan kepada pemerintah kabupaten Kulonprogo oleh pemerintah pusat. 

"Akan tetapi, asetnya belum. Nah, dalam kaitan pengelolaan ini, maka kita beberapa kali melakukan koordinasi lintas sektoral untuk membuat analisa maupun kajian agar aset bangunan dan lingkungan yang nilainya sangat fantastis itu tidak kemudian nanti di tengah jalan berhenti," kata Joko.

"Artinya, ya harus betul-betul dihitung tentang siapa yang mampu mengelola. Kemudian harapannya bisa menggerakkan ekonomi masyarakat, dan bisa menambah pendapatan asli daerah (PAD)," sambung Joko.

Koordinasi lintas sektoral yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Kulonprogo membahas sejumlah mekanisme pengelolaan. Apakah nantinya pengelolaan akan dilakukan oleh pemerintah, swasta, atau badan usaha milik desa (BUMDES). Skema lelang juga bakal ditempuh oleh Dinpar Kabupaten Kulonprogo.

"Maka dalam pertemuan itu ada beberapa skema pengelolaan antara lain, dikelola oleh pemerintah, dikelola oleh swasta, kemudian dikelola oleh masyarakat melalui BUMD atau BUMDES dan sepertinya memang mengerucut pada lelang," kata Joko.

"Jadi akan dilelang, siapa yang menang akan mengelola. Tentu dengan tata aturan yang memang disyaratkan atau tata aturan yang berlaku. Sehingga dari sisi kepariwisataan memang gerbang samudra itu berpotensi untuk menjadi salah satu lokasi wisata baru seperti industri kreatif kuliner, kemudian wisata buatan dan sebagainya," ungkap Joko.

Joko menyebutkan, Dinpar Kabupaten Kulonprogo saat ini tengah menggodok proses lelang samudra raksa kepada pihak ketiga. Mekanisme lelang diklaim Joko bukan berarti Dinpar Kabupaten Kulonprogo lepas tangan terhadap gerbang samudra raksa.

"Kami juga dalam rangka menyusun kebijakan yang tepat. Tetapi sepertinya akan melalui proses lelang, sehingga siapa aja yang sekiranya mampu, berani, bisa ya dialah yang akan mengelola, tetapi tentu pemerintah tidak kemudian lepas tangan," kata Joko.

Belum Mendongkrak

"Kemungkinan juga bisa di-PT kan, ada unit pelaksanaan tugas yang membidangi itu (samudra raksa), karena kalau tidak lelang nanti akan disoroti, ada korupsi kolusi dan nepotisme (KKN)," kata Joko.

Ketua Pengelola Desa Wisata Banjaroya, Kapanewon Kalibawang, Kulonprogo, Rokhmadu Inuhayi mengatakan keberadaan gerbang Samudra Raksa belum mampu mendongkrak kunjungan wisatawan ke sejumlah desa wisata yang ada di Kalibawang. 

"Karena jadinya itu [gerbang samudra raksa] kan pas pandemi jadi dampaknya belum begitu terasa. Sempat heboh sih memang kemarin. Tapi belum mendongkrak kunjungan wisatawan secara signifikan," ujar Madoen sapaan akrab Rokhmadu Inuhayi.

Pengelolaan yang apik di gerbang samudra raksa diharapkan oleh Madoen nantinya bisa dilakukan entah oleh pemerintah kabupaten Kulonprogo maupun pihak ketiga yang mendapatkan mandat untuk mengelola gerbang samudra raksa.

"Mudah-mudahan nanti setelah pandemi Covid-19 selesai akan bisa bermanfaat ya. Kalau menurut saya sendiri sih tergantung nanti pengelolaannya. Kalau misalnya pengelolaan benar pas," imbuhnya.

"Sangat bisa mendongkrak kunjungan wisatawan. Ikon (gerbang samudra raksa) sudah dapat ya di mata masyarakat, nanti bisa dikoordinasikan dengan teman-teman desa wisata," kata Madoen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Terbaru

Advertisement

Advertisement

Harian Jogja

Advertisement

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Satuan Pendidikan Diwajibkan Memperhatikan Kebutuhan Siswa dengan Kondisi Khusus

News
| Jum'at, 26 April 2024, 10:57 WIB

Advertisement

alt

Sandiaga Tawarkan Ritual Melukat ke Peserta World Water Forum di Bali

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 19:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement