Waspada! Hujan Deras Masih Terjadi di DIY Beberapa Hari ke Depan

Foto ilustrasi. - Ist/Freepik
07 April 2021 07:17 WIB Abdul Hamied Razak Sleman Share :

Harianjogja.com, SLEMAN—BMKG memperkirakan hujan deras masih akan terjadi selama beberapa hari ke depan di wilayah DIY.

Kepala Kelompok Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Sleman Etik Setyaningrum mengatakan hujan dengan intensitas lebat diprediksi masih akan mengguyur wilayah DIY hingga beberapa hari ke depan. Potensi hujan kategori lebat hingga sangat lebat ini umumnya terjadi pada waktu sore hari.

"Dari hasil pengamatan, kondisi dinamika atmosfer yang tidak stabil ikut berkontribusi mendukung pertumbuhan awan hujan," katanya Rabu (6/4/2021).

BACA JUGA : Jogja Dilanda Hujan Angin Minggu Sore, Banyak Pohon

Bibit siklon di Samudra Hindia  barat Sumatra dan Laut Sawu NTT secara tidak langsung, katanya, juga memberikan pengaruh terhadap fenomena cuaca ekstrem di DIY. Bibit siklon tersebut berkontribusi cukup signifikan terhadap peningkatan labilitas atmosfer, dan kecepatan angin. Kondisi semacam ini masih berpotensi selama masa peralihan atau pancaroba.

"Pada awal April ini, wilayah DIY sendiri masih dalam kategori musim hujan. Hasil observasi sampai akhir Maret menunjukkan curah hujan berkisar 50-100 mm per dasarian, sedangkan curah hujan bulan 300-400 mm," jelasnya.

BACA JUGA : Ini Data Kerusakan Akibat Angin Kencang di Bantul 

Sebagian daerah di DIY pada April ini, lanjutnya, akan masuk periode pancaroba. Karena itu, masyarakat diharapkan mewaspadai potensi kejadian cuaca ekstrem. "Kami imbau tetap waspada potensi bencana banjir maupun longsor. Kemungkinan hujan disertai angin juga dapat menyebabkan pohon atau baliho tumbang," ujar Etik.