Advertisement

Situs Ngalang Gunungkidul Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Edukasi

David Kurniawan
Kamis, 08 April 2021 - 14:47 WIB
Budi Cahyana
Situs Ngalang Gunungkidul Dikembangkan Jadi Destinasi Wisata Edukasi Bupati Gunungkidul Sunaryanta saat melihat koleksi bebatuan dari aliran Kali Ngalang yang disimpan di Plosodoyong Field Camp Georesearch Indonesia di Kalurahan Ngalang, Gedangsari, 22 Maret 2021. - Harian Jogja/David Kurniawan

Advertisement

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL—Situs Ngalang di Kapanewon Gedangsari menjadi salah satu geosite Geopark Gunungsewu di Kabuapten Gunungkidul. Aliran sungai sepanjang 15 kilomenter ini dikembangkan menjadi lokasi wisata edukasi, khususnya bagi pencinta geologi pemula.

Koordinator Georesearch Indonesia Pri Harjo Sanyoto mengatakan aliran Kali Ngalang punya jejak purba masa lalu yang masih terdokumentasi dengan baik hingga sekarang.

Advertisement

BACA JUGA: Apakah Tes Antibodi setelah Suntik Vaksin Covid-19 Diperlukan?

Kekayaan itu bisa dilihat dari fosil biota laut yang menempel di bebatuan di aliran kali yang dikenal dengan formasi Sambipitu. Lokasinya berada tepat di bawah Jembatan Ngalang. Formasi ini terbentuk karena fasa sedimentasi peletusan Gunung Api Purba pada 16 juta tahun yang lalu. “Dulunya di kawasan ini adalah laut dan kemudian terjadi pengangkatan hingga menjadi daratan seperti sekarang,” kata Pri.

Menurut dia, kekayaan geologi tidak hanya di Formasi Sambiptu. Di bagian muara sungai ada patahan yang aktif hingga sekarang dan dikenal dengan Sesar Oyo. “Ini jadi bagian dari kekayaan yang ada di bentang situs di Ngalang sehingga cocok untuk pengembagan georiset melalui wisata edukasi,” katanya.

Pri mengatakan rintisan wisata edukasi sudah mulai dibangun sejak 2014 lalu. Hingga sekarang sudah banyak pengujung di situs-situs. “Tidak hanya mahasiswa untuk penelitian, tetapi ada juga anak-anak sekolah yang datang berkunjung. Guna menambah wawasan, kami tidak hanya memperlihatkan di situs Ngalang, tapi juga situs geopark lainnya di Gunungkidul,” katanya.

BACA JUGA: AHY Sebut Kadernya Ditakut-takuti Bakal Dipecat jika Tak Ikut KLB Deli Serdang

Lurah Ngalang, Kapanewon Gedangsari, Kaderi, mengaku senang dengan pengembangan wisata edukasi di situs Ngalang. Kalurahan sudah membuat kelompok sadar wisata yang berlokasi di Dusun Plosodoyong. “Sudah kami fasilitasi dan berikan pendampingan untuk memperkuat keberadan pokdarwis,” katanya.

Kaderi berharap destinasi wisata ini dapat memberikan dampak yang positif terhadap roda perekonomian masyarakat sekitar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Advertisement

Harian Jogja

Video Terbaru

Advertisement

Harian Jogja

Berita Pilihan

Advertisement

alt

Prabowo Ingin Membangun Koalisi Kuat

News
| Rabu, 24 April 2024, 09:47 WIB

Advertisement

alt

Rekomendasi Menyantap Lezatnya Sup Kacang Merah di Jogja

Wisata
| Sabtu, 20 April 2024, 07:47 WIB

Advertisement

Advertisement

Advertisement