Wow, Bule Prancis Jual Bakpia Paris di Jogja

William Zoratti, seorang chef asal Prancis yang memiliki kecintaan khusus terhadap Yogyakarta memperlihatkan produk Bakpia Paris, Sabtu (10/4/2021). - Harian Jogja/Abdul Hamid Razak
10 April 2021 22:07 WIB Abdul Hamied Razak Jogja Share :

Harianjogja.com, JOGJA- Produk bakpia mulai dikenal luas di masyarakat, bahkan mancanegara. Melalui racikan tangan seorang chef kelahiran Prancis, William Zoratti, Bakpia Paris hadir dengan sensasi berbeda.

Menurut William, Bakpia Paris dibuat dari bahan-bahan premium dari daerah lokal. Bakpia Paris muncul, katanya, terinspirasi dari romantisme Paris. Salah satunya adalah Bakpia Paris rasa Cheesy Cheez. Hidup selama 20 tahun di Indonesia membuatnya mengenal banyak rasa kulinari Indonesia.

Dia mengaku menyukai masakan pedas, manis dan menjadi salah satu masakan kesukaannya. Termasuk bakpia khas Jogja. "Jogja terus-menerus membuat saya merasakan banyak hal, keberagamannya tidak habis-habis untuk dicicipi. Romantismenya mengingatkan saya akan kota kelahiran saya, Paris," jawab William ketika ditanya apa yang melatar belakangi dirinya menciptakan Bakpia Paris, Sabtu (10/4/2021).

Baca juga: Tinggalkan Kejawen, Artis Asal Jogja Roro Fitria Kini Mengaku Sudah Hijrah

Dia menjelaskan, Bakpia Paris memiliki varian rasa yang sudah familiar di lidah seperti rasa Choco Rocky (Coklat) dan Cheesy Cheez (Keju). Saat ini juga ada varian rasa yang masih sangat jarang ditemukan seperti Almond Versailles dan Durian Eliysse. "Almond, Coklat dan Keju mungkin biasa untuk lidah orang Prancis. Tapi [rasa] durian tidak. Saat saya perlihatkan video teman-teman saya di Prancis, mereka tertarik mencobanya," katanya.

Biasanya, kata William, bakpia dibentuk secara bundar. Ia mulai berfikir kenapa bentuknya tidak dibuat kotak untuk menambah daya tariknya. William berharap, melalui Bakpia Paris dia bisa berbagi cita rasa Paris ke dalam sebuah bakpia dan memperkaya ragam rasa yang sudah ada di Jogja. "Every Flavor Has a Story. Masyarakat akan mendapatkan pengalaman mencicipi bakpia kekinian dengan sentuhan romantisme Paris," katanya.

Baca juga: 7 Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mengontrak Rumah

Sales Marketing Officer Bakpia Juara Satoe Wida Putri mengatakan Bakpia Paris merupakan produk baru dari Bakpia Juwara Satoe. Kehadiran bakpia ini diharapkan dapat memberikan pilihan beragam oleh-oleh dari kota Jogja. "Bakpia Paris merupakan varian hidangan yang terinspirasi dari kekayaan dan keagungan tradisional Jogja.

Jika bakpia umumnya berbentuk bulat pipih atau setengah bola, katanya, maka Bakpia Paris berbentuk kotak. Setiap bakpia dikemas satu persatu dalam wadah dan kemasan plastik. "Jadi Bakpia Paris ini menjadi alternatif buah tangan khas Jogja dengan cita rasa Paris," katanya.